Lapas Pohuwato Akan Jadi Lapas Industri

Kunjungan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Lilik Sujandi bersama Kalapas Pohuwato Rusdedy yang diterima oleh Sekretaris Daerah, Djoni Nento, Selasa (27/12)

RadarGorontalo.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato sangat mendukung terobosan yang dilakukan oleh pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pohuwato yang akan menjadikan lapas tersebut sebagai Lapas Industri. Hal ini terungkap pada kunjungan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Lilik Sujandi bersama Kalapas Pohuwato Rusdedy yang diterima oleh Sekretaris Daerah, Djoni Nento, Selasa (27/12).

Dijelaskan Lilik Sujandi, untuk memaksimalkan SDM khususnya penghuni lapas Pohuwato, saat ini mereka telah dilatih dengan berbagai keterampilan diantaranya bagaimana cara membuat coco fiber dan bahan baku pembuatan jok mobil. “Jika keterampilan atau apa yang dikerjakan ini sudah bisa produksi, maka diperkirakan pada bulan Maret akan dilakukan ekspor perdana yang diawali pada Januari peresmian termasuk peresmian sekolah ternak,” ungkapnya.

Sementara itu, selaku pemerintah daerah, Sekda Djoni Nento sangat mendukung apa yang menjadi langkah yang dilakukan oleh Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo bersama Kalapas Pohuwato. “Langkah tersebut besar manfaatnya bagi para napi khususnya. Disamping mereka sudah memiliki keterampilan yang bisa dikembangkan setelah bebas dari Lapas juga keterampilan ini tentu tidak akan membuat mereka merasa mendekam lama di dalam penjara,” kata sekda. (RG-58)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.