LDK Mahasiswa UMGO, Rektor Beri Materi Kepemimpinan Transformasional

RGOL.ID – Salah satu tugas berat pemimpin adalah memimpin diri sendiri, pimpinlah dirimu dengan moto “Sukses Studi dan Unggul di Organisasi”.

Terang Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) Prof. Abd. Kadim Masaong, M.Pd., saat menjadi pemateri pada Latihan Dasar Kepemimpinan Program Pembinaan Karakter dan Kepribadian Mahasiswa Baru (PPKKMB) Mahasiswa Berasrama Tahun 2022 untuk gelombang kedua, Selasa (5/07/2022).

“Anggaplah studi adalah tangan kananmu dan organisasi adalah tangan kirimu yang saling menopang dan mendukung dalam mewujudkan tujuan,”tegasnya.

Adapun tema materi yang dibawakan Rektor Kadim yakni “Kepemimpinan Transformasional”, Rektor memaparkan pemimpin transformasional merupakan gaya kepemimpinan yang menginspirasi dan memberdayakan individu, kelompok dan organisasi dengan cara mentransformasi paradigma dan nilai-nilai organisasi menuju kemandirian.

“Untuk mencapai hal itu kalian harus menerapkan beberapa hal seperti berikut, mampu mengidentifikasi masalah, mengubah masalah menjadi peluang, merumuskan visi dan misi berdasarkan masalah, mampu mengartikulasi visi dan misi pada stake holder, kemudian memotivasi staf bekerja terfokus,”jelasnya.

Terakhir Rektor meminta untuk mahasiswa agar dapat keluar dari zona nyaman dengan mengubah mindset atau pola pikir dengan beberapa cara.

“Adapun cara yang dapat dilakukan diantaranya, memperkuat iman dan taqwa, habituasi karakter dan akhlak, berpikir kritis, kreativ dan inovatif, mengatasi masalah tanpa masalah, cakap berkomunikasi, cakap berkolaborasi atau bekerjasama, belajar kontekstual dan implementatif, cakap mengelola informasi dan media sosial, terampil memimpin dan akuntabilitas tinggi,”tandasnya.(Hms)


Jangan Lewatkan

Komentar