oleh

Lengkapi Struktur, Kepala LLDIKTI Lantik Pejabat Administrator

-Headline-863 Pengunjung

RGOL.ID, GORONTALO – Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah Gorontalo, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah (Gosuluteng) XVI, Prof. Dr. Mahludin Baruwadi, MP, melakukan pelantikan pejabat fungsional administrator yaitu kepala bagian Tata Usaha, bertempat di aula gedung LLDIKTI XVI, Jum’at, (22/1) kemarin.

Pejabat administrator yang dilantik adalah Rivai Hamzah, S.Pd, M.Si, sesuai dengan SK No. 2208/MPK/RHS/KP/2021, yang telah ditandatangani oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim, di Jakarta pada 14 Januari 2021.

Saat upacara pelantikan pejabat fungsional administrator itu, Profesor Mahludin menjelaskan bahwa pelantikan tersebut adalah perintah langsung kepala Biro SDM Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tertanggal 18 Januari 2021.

Di dalam surat itu ditegaskan, dengan kewenangan yang dimiliki oleh kepala LLDIKTI maka pelantikan itu harus segera dilakukan untuk menunjang aktivitas lembaga, dan hasil pelantikan berupa berita acara, segera disampaikan ke Biro SDM.

“Kami sampaikan bahwa ini normative atas perintah biro SDM, yang menindaklanjuti SK menteri mengenai pengangkatan pejabat administrator LLDIKTI XVI Gosuluteng,” ungkap Mahludin.

Lebih jauh mantan Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Gorontalo itu menjelaskan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Sekretaris Jenderal terus memaksimalkan peran dan fungsi LLDIKTI XVI dengan lebih dulu melengkapi struktur organisasi. Dimana setelah melantik kepala LLDIKTI XVI wilayah Gosuluteng yaitu Prof Mahludin pada 22 Oktober 2020 struktur pejabat administrator pun sudah dilantik.

“Dengan pelantikan hari ini, maka sudah lengkap pejabat LLDIKTI XVI, tinggal menunggu Sekretaris yang pengisiannya akan dilakukan secara terbuka oleh Kementerian,” ungkapnya.

Apa yang sudah dilakukan LLDIKTI XVI selama ini? Mahludin menjelaskan pekerjaan utama memang pengisian pejabat fungsional. Dijelaskan bahwa saat ini, proses transfer pegawai dari Universitas (UNG), Pemda Provinsi, Kota dan Kabupaten sudah berproses di tingkat kementerian.

Namun begitu, masih ada beberapa usulan pegawai, hingga formasi dan struktur organisasi terisi seluruhnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Pengisian struktur dan staf fungsional dilakukan sesuai dengan arahan Biro SDM kementerian pendidikan. Ini yang perlu dipahami juga, karena begitu banyak lamaran dan usulan untuk pindah ke LLDIKTI,” tutur Mahludin.

Dengan keterbatasan staf dan fasilitas yang minim, Mahludin menegaskan pihaknya tidak berdiam diri. Beberapa usulan pendirian Prodi baru, telah mendapatkan rekomendasi dari LLDIKTI. Demikian juga koordinasi dengan peguruan tinggi negeri dan swasta juga dilakukan.

“Oleh karena masih pandemic covid, maka koordinasi dengan perguruan tinggi swasta diluar Gorontalo, baru dilakukan melalui virtual,” tambahnya.

Staf Ahli Kepala Lembaga LLDIKTI XVI, Dr. Lukman AR. Laliyo, M.Pd, berharap dengan dilantiknya kepala Bagian Tata Usaha LLDIKTI, bisa menjadi moment untuk penguatan peran lembaga. Apalagi pejabat yang dilantik cukup pengalaman dalam adminstasi perguruan tinggi.

Adapun Sekretaris Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Gorontalo, Dr. Azis Rahman, berharap pembinaan kepada perguruan tinggi swasta akan maksimal seiring dengan pengisian pejabat LLDIKTI.

“Alhamdulillah satu tahapan penting sudah dilakukan. Insha Allah semakin solid ke depan,” ungkap Ketua Yayasan Universitas Bina Mandiri Gorontalo itu.

Rivai Hamzah, pejabat yang dilantik adalah pejabat fungsional Arsiparis ahli madya di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Dengan dilantiknya sebagai kepala bagian tata usaha LLDIKTI XVI Gorontalo, maka Menteri Pendidikan dan Kebudayan telah memberhentikan yang bersangkutan dari jabatannya di Universitas Negeri Gorontalo.

“Ini amanah yang berat, karena luasan wilayah kerja ada Tiga provinsi. Olehnya dukungan dan soliditas staf menjadi kunci. Tekad kita adalah LLDIKTI XVI melayani,” ungkap Rivai Hamzah.

Pelantikan pejabat administrator LLDIKTI XVI Gosuluteng, dihadiri oleh Kepela Biro Umum Administrasi dan Keuangan UNG Drs. Rum W Badu, dan kepala Biro Akademik Jumriati Mohammad, S.Pd, M.Pd, pimpinan perguruan tinggi swasta serta disaksikan oleh staf LLDIKTI XVI. (awl)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.