oleh

Lima Catatan Rekapitulasi PKK Untuk Warga

RGOL.ID – Lima catatan rekapitulasi TP. PKK Kota Gorontalo yang di ambil dari warga binaan PKK yang di isi oleh masing-masing anggota keluarga. Kelima tersebut kata Jusmaity adalah catatan keluarga, catatan kelompok dasawisma, catatan kelompok PKK RT, Catatan kelompok PKK RW dan catatan TP. PKK Kelurahan.

“Proses pencatatan data warga ini merupakan data yang di ambil dari warga binaan PKK yang di isi oleh masing-masing keluarga, “ujar Ketua Tim Penggerak PKK Kota Gorontalo Jusmiaty Taha Kiayi Demak saat memberikan sambutan pada rapat sosialisasi kelembagaan PKK Kota Gorontalo, belum lama ini.

Demikian halnya terkait dengan papan data, kata Jusmiaty terdiri dari papan data umum, bagan mekanisme, visi misi, struktur, 10 program pokok PKK, papan data kegiatan Pokja satu sampai dengan pokja empat dan program kerja masing-masiong pokja.

Lain halnya atribut, menurutnya lambang PKK, vandel (untuk kecamatan), wimbel/vanbel meja (untuk kelurahan) lencana Mars PKK.

“Program yang dilaksanakan berdasarkan informasi dan kejadian yang berada di lapangan melalui pendataan Sistem Infdormasi Manajemen Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (SIM-PKK), yakni aplikasi yang mendokumentasikan, mengadministrasikan serta mengolah data program dan kelembagaan Gerakan PKK, “jelas Jusmiaty.

Lanjut, adapaun pendataan yang dimaksud kata Jusmiaty, adalah merupakan tugas dan peran dari PKK. Seperti dalam hal pengetahuan tentang kelembagaan dan administrasi dalam mengelola pada organisasi PKK, yang harus dimiliki oleh seluruh pengurus dari tingkat kota hingga RT/RW.

Ibarat sebuah teko air menuangkan air kepada setiap gelas disekitarnya. Jusmiaty mengungkapkan, pengurus harus terlebih dahulu memiliki pengetahuan tentang hal tersebut dan membagikannya kepada seluruh anggota di tingkat RT/RW dan Dasa Wisma.

Jusmiaty berharap, TP PKK sebagai mitra pemerintah harus benar-benar berdaya guna dan berhasil guna, sehingga prioritas kegiatan yang dilakukan berorientasi pada prpgram untuk pemberdayaan masyarakat.

PKK juga memiliki program prioritas yaitu peningkatan kualitas kesejahteraan dan kesehatan keluarga sebagai kunci suksesnya pembangunan.

“Perlunya pengorganisasian yang memudahkan pemahaman mengenai panduan PKK dan 10 Program Pokok PKK. Serta terbentuknya 100 persen dtruktir organisasi pengurus dan oanggota TP. PKK diseluruh tingkatan.

Untuk mebuat rencana kegiatan yang nengacu pada hasil Rakernas VIII PKK Tahun 2015 secara berkesinambungan dan dukungan pembinaan secara berjenjang, “tutup Jusmiaty.(lev)


Jangan Lewatkan

Komentar