RadarGorontalo.com – Rencana pembuatan waduk kayu merah di Kelurahan Bionga Kecamatan Limboto, tahun depan harus terealisasi. Pasalnya, keberadaan waduk itu akan menjadi solusi penanganan banjir di wilayah itu. Waduk yang bakal menelan dana ratusan miliar itu, rencananya tahun depan segera dimulai dan sudah mendapatkan respon positif pemerintah daerah.

Waduk Kayu Merah itu nantinya, tak cuma menyediakan sumber air baku, tapi juga menjadi solusi penanaganan banjir di Limboto dan sekitarnya. Dan tahun depan, proyek itu akan dimulai dengan feasibility study.

Sementara itu Humas Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Gorontalo Olden kepada Wartawan RADAR Gorontalo mengatakan banjir yang terjadi diwilayah Kabupaten Gorontalo saat ini merupakan faktor alam akibat hujan yang turun selama beberapa jam. Dan ketika kita melihat mengenai siklus banjir 10 tahunan debit banjir seperi ini. “Jadi untuk normalisasi sampai ke muara sungai akan kita tindak lanjuti dalam program tahun selanjutnya atau bisa masuk progam tanggap darurat.

Selain itu juga Olden menjelaskan bahwa sampai dengan saat ini tim Satgas banjir Balai Sungai sudah dilokasi dan juga sudah mengambil data wilayah yang terkena banjir. (rg-31/56/54/RG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.