oleh

Mahasiswa FIB Memukau di Karnaval FPDL

-Kampus, Pendidikan-286 Pengunjung

RGOL.ID – Gorontalo, Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go), Senin kemarin (23/9), tampil memukau dalam Karnaval Festival Pesona Danau Limboto (FPDL). Dari 80 peserta grup, yang terdiri dari OPD bagian BUMN-BUMD, desainer sanggar seni, perguruan tinggi dan komunitas lainnya, UM-Go adalah salah satu kandidat yang sangat menarik perhatian masyarakat. Mulai dari orang dewasa, remaja, anak-anak hingga balita berebut untuk berfoto bersama peserta UM-Go yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

Perlu diketahui, bahwa FPDL tahun 2019 ini benar-benar menyajikan budaya, adat istiadat berbagai macam suku. Mulai dari pakaian khas Karawo, tata cara Dikili atau Dzikir, pernikahan, tarian ritual Dayango, beladiri Langga, sampai adat jawa yang menghadirkan tarian Reog Ponorogo. Termasuk penampilan warga Polahi, yakni suku primitif yang melarikan diri ke hutan.

Karnaval ini di buka langsung oleh Bupati Kabupaten Gorontalo (Kabgor), Prof. Nelson Pomalingo, dengan rute lokasi star di depan rumah dinas (Rudis), menuju perempatan X toko Agung, pertigaan depan Dinas Perpustakaan, Menara Pakaja, simpang 4 antara SMP N 1 Limboto dan SMA N 1 Limboto, finish di Sport Center Lmboto.

Di masa kepemimpinan Nelson, festival ini sudah dilaksanakan 4 kali. Yakni, sejak tahun 2016 pada tingkat lokal, tahun 2017 mulai masuk tingkat nasional dan 2 tahun terakhir menjadi go internasional. Seluruh budaya Indonesia yang ada di Gorontalo turut hadir memeriahkan kegiatan tersebut. Diantaranya Bugis, Kalteng, Sunda, Jaton, dan lain sebagainya. (rg-63)


Komentar