oleh

Mahasiswa KKN Tematik Desa Membangun Bantu Program Kerja Dua Desa di Kabupaten Banggai

RGOL.ID, GORONTALO – Universitas Negeri Gorontalo (UNG) mengirim mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Desa Membangun di Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah.

Diantaranya ada dua Desa yang menjadi lokasi program KKN Tematik Desa Membangun, yakni Desa Tampe dan Desa Gomuo, Kecamatan Pagimana.

Menurut Dosen Pembimbing KKN Tematik Desa Tampe dan Gomuo, Dr. Abd. Hadfidz Olii, S.Pi., M.Si, menjelaskan, mahasiswa KKN Tematik Desa Membangun mengikuti program yang ada di Desa sejak bulan September hingga Oktober 2021.

Berbagai program dilaksanakan mahasiswa KKN Tematik, termasuk membantu melaksanakan program kerja yang mampu memberikan solusi ataupun menyelesaikan masalah yang ada di dua Desa itu.

Beberapa program yang dilakukan mahasiswa KKN Tematik adalah membangun kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan tetap bersih, asri dan sehat.

Kegiatan ini dilakukan bersama-sama dengan masyarakat. Selain itu, kegiatan lain adalah berkerja sama dengan pemerintah desa membantu menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT), sekaligus Bantuan Program penyerahan tenaga surya (Listrik).

Ada pula keterlibatan mahasiswa KKN Tematik dalam kegiatan Musrembang tingkat dusun, Desa dan Kecamatan.

“alhamdulillah selama kurang lebih dua bulan, kehadiran mahasiswa KKN Tematik Desa membangun di Desa Tampe dan Desa Gomuo mendapatkan respon positif dari masyarakat,” ujar Abd. Hafidz Olii.

Ditambahkannya, ada pula kegiatan lain yang dilaksanakan mahasiswa KKN Tematik di Desa Tampe dan Gomuo, yakni mengajar dan membimbing anak-anak di dua desa itu belajar Iqra dan Al-Qur’an, serta memberikan pengetahuan tambahan tentang Iman dan Taqwa.

Untuk program pengajian dilaksanakan ba’da sholat Maghrib yang dimulai Jumat (17/9/2021), meliputi bacaan Iqra dan Al Quran untuk memfasihkan bacaan santri, baik dari segi makhraj huruf serta hukum bacaannya.

Hafidz mengucapkan syukur alhamdulillah karena program ini langsung disambut antusias masyarakat dan banyak anak-anak yang mengikuti program belajar Iqra dan Al Quran.

“alhamdulillah dengan program-program mahasiswa KKN Tematik Desa Membangun ini, lebih mempererat silaturahmi dengan masyarakat setempat,” tutur Dr. Abd. Hadfidz Olii, S.Pi., M.Si. (awl)


Jangan Lewatkan

Komentar