oleh

Mahasiswa KKN Tematik UNG Manfaatkan Limbah Rumah Tangga

-Pendidikan-499 Pengunjung

Mahasiswa KKN Tematik UNG 2021 memanfaatkan limbah rumah tangga seperti kain bekas (handuk dan karpet) untuk dijadikan pot bunga guna manambah nilai estetika lingkungan diDesaLimehu, KecamatanTabongo, Kabupaten Gorontalo.Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 08 Oktober 2021.

Dilihat daribanyak warga desa Limehu yang memilikikain-kain bekas dan hanya tersimpan di rumah, bahkan hanya dibuang maupun dibakar. Oleh karena itu,tim KKN Tematik Desa Membangun membuat inovasi kepada masyarakat desa Limehu dengan mendaur kembali limbah rumah tangga menjadi barang yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pengolahan limbah rumah tangga yangdimanfaatkan kembali tersebut dilakukan diposko KKN. Untuk proses pembuatan limbah rumah tangga menjadi pot bunga, mahasiswa KKN dibantu oleh karang taruna tinelo desa Limehu. Adapun bahan yang digunakan dalam pembuatannya yaitu kainbekas, semen, cat warna dll.

Prosesnya dimulai dengan membasahi dahulu karpet dan handuk bekas. Buat sebuah lubang ditengah- tengah kain untuk drainase,lalu dimasukkan kedalam campuran semen. Pastikan kainnya terendam secara menyeluruh. Kain yang sudah terendam semen, letakkan di wadah yang sudah disiapkan lalu rapikan kainnya dan bentuk sesuai selera masing-masing orang.

Selanjutnya, pot bunga yang sudahjadi tersebut langsung disosialisasikan oleh mahasiswa KKN Tematik UNG 2021 kepada warga desaLimehu agar dapat memanfaatkan pengolahan limbah rumah tanggayang ada di rumah mereka.

Dikarenakan banyak warga desa yang tidak memanfaatkan kembali barang- barang yang sudah tidak terpakai seperti handuk dan karpet, maka mahasiswa KKN Tematik UNG 2021 mengadakan sosialisasi yang bertujuan untuk memberikan informasi dan praktikterkait barang-barang bekas,seperti karpet dan handuk yang dapat dimanfaatkan kembali dengan dijadikan pot bunga.

Dengan adanya sosialisasi pemanfaatan pengolahan limbah rumah tangga menjadi pot bunga ini diharapkan dapat menjadikan masyarakat Desa Limehu lebih kreatif.*


Komentar