oleh

Mahasiswa Semester 7 FKM UG PKL

-Gorontalo, Kampus-523 Pengunjung

RGOL.ID, GORONTALO – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Gorontalo (FKM UG) melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dari mata kuliah (MK) Epidemiologi Kesehatan Reproduksi oleh mahasiswa semester tujuh.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menilai efektivitas pelaksanaan program kampung KB yang ada di Kelurahan Tilihuwa, Kecamatan Limboto.

Dalam penilaian tersebut mahasiswa diarahkan untuk mewawancarai atau menggali informasi pada aparat desa setempat, tenaga kesehatan, kader kesehatan dan masyarakat yang berada di kampung KB tersebut (Lingkungan 4 dan 5).

Wahyuni Hafid, SKM.,M.Epid., selaku dosen yang mengajar mata kuliah Epidemiologi Kesehatan Reproduksi, dan penanggung jawab mengatakan bahwa pembentukan kampung KB sendiri itu merupakan satu upaya atau inovasi baru pemerintah untuk menghidupkan kembali program KB.

“Program kampung KB ini tidak hanya terfokus pada penekanan laju pertumbuhan penduduk namun juga pada peningkatan kualitas penduduk dan kesejahteraan keluarga, sebab keluarga merupakan satuan terkecil dalam kehidupan bermasyarakat sehingga keluarga memiliki peran dan nilai strategis dalam menunjang keberhasilan pembangunan,” ungkapnya.

Dan berdasarkan hal tersebut, Wahyuni mengaku efektifitas pelaksanaannya penting untuk diperhatikan. “Selain itu keluarga juga merupakan wahana pertama dan utama dalam membentuk SDM yang berkualitas,” pungkasnya. (tut/tr-10)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.