oleh

Majalah Tempo Lirik Nelson Masuk Kategori 100 Tokoh Peduli Lingkungan

-rgol.id-429 Pengunjung

RGOL.ID.GORONTALO – Sejak periode pertama pimpin Kabupaten Gorontalo, Nelson Pomalingo membuat kebijakan strategis peduli terhadap lingkungan.

Tak hanya lingkungan, perhatian Nelson juga merumuskan strategi kebijakan adaptasi perubahan iklim agar tidak menghambat kelangsungan hidup masyarakat.

Program Adaptasi Perubahan Iklim (API) telah dirumuskan kepada seluruh SKPD, camat, dan kepala desa khususnya dari desa yang berisiko tinggi terhadap perubahan iklim.

Tujuannya untuk memberikan pemahaman tentang risiko iklim yang dihadapi Kabupaten Gorontalo.

Langkah-langkah strategis yang diambil pemerintah kabupaten sejak tahun 2017, sebelumnya melalui Kelompok Kerja API (Pokja API) bekerja sama dengan Pusat Transformasi Kebijakan Publik (Transformasi) menyusun Strategi API dan mengintegrasikannya ke dalam RPJMD 2016-2021 dan RKPD 2017.

Di tataran operasional, terdapat 19 program lingkungan dan API yang dimasukkan Pemkab Gorontalo ke dalam Renja 9 SKPD terkait dan RKA 2017. 10,5% dari total APBD 2017 juga telah dialokasikan guna mengimplementasikan program API.

Dasar penyusunan strategi dan program API tersebut adalah membuat Bupati Nelson Pomalingo menjadi pemateri baik di tingkat daerah, Nasional bahkan pernah diundang ke Jerman dan Jepang hanya untuk memaparkan kebijakan tersebut di tingkat internasional.

‘ Latar belakang inilah membuat pihak majalah tempo memproyeksikan Nelson Pomalingo masuk nominasi 100 tokoh versi majalah tempo,” Kata Budi,selaku mitra tim majalah tempo, disambangi usai menemui Bupati Nelson.

Lanjut Budi, Pihak majalah tempo datang sudah mewawancarai khusus sebagai bahan pembuatan majalah khusus terbitan majalah Tempo edisi 100 tokoh peduli lingkungan di Negeri ini.

Lebih lanjut Budi mengatakan, masuknya Nelson Pomalingo pada nominasi 100 Tokoh Pemerhati Lingkungan versi majalah Tempo, karena konsistensi terhadap penyelematan lingkungan serta hal yang melalatar belakangi sehingga persoalan Manusia dan Lingkungan mendapat perhatian khusus dalam perencanaan pembangunan di Kabupaten Gorontalo.

” Kami datang untuk mendalami komitmen kebijakan beliau itu, untuk diproyeksikan menjadi Nominasi 100 tokoh peduli lingkungan,” Jelas Budi.(Qn)


Komentar