oleh

Mantan Sekertaris PMI Kota Dituntut 4 Tahun Penjara

GORONTALO (RadarGorontalo.com) – Mantan sekertaris PMI Gorontalo DM Alias Dam dituntut 4 tahun penjara oleh Jaksa Penununtut Umum (JPU) Sardion Pasaribu, SH  karena diduga memperkaya diri sendiri, pada pengunaan anggaran PMI Kota Gorontalo dari tahun 2010 hingga 2012. Sidang dengan agenda pembacaan tuntunan tersebut di gelar di Pengadilan Tipikor Gorontalo Rabu (25/5).

Pada sidang yang dipimpin Oleh Pimpin oleh ketua Majelis Hakim Tipikor Gorontalo Ade Suherman, SH, MH Sukatmah SH dan Bane Laos Nae Pos pos SH ini, JPU menyebutkan bahwa pada tahun 2010 hingga 2012 PMI Kota Gorontalo mendapatkan alokasi dana hibah dari Pemerintah Kota Gorontalo mencapai Rp. 700 juta lebih biaya operasional PMI Kota Gorontalo, namun pada pengunaan anggaran itu tidak sesuai pemanfatannya, dan ditemukan pengunaan untuk kepentingan pribadi terdakwa. Dalam tuntutan JPU Sardion ini juga menyebutkan bahwa terdakwa Dam telah mengembalikan uang kerugian negara sebesar Rp. 600 juta, namun perbuatan DM tak serta merta menghilangkan hukuman dengan tuntutan melanggar pasal 2 No 31 1999 sebagaimana diubah No 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi dengan  hukuman 4 tahun penjara.

Dalam persidangan itu DM alias Dam didampingi kuasa hukumnya Masrah Puhi. Masra menilai bahwa tuntutan JPU tersebut terlalu berat pasalnya, terdakwa telah mengembalikan kerugian negara mencapai Rp. 600 juta. “Kami akan melakukan pembelaan secara tertulis dan kami akan serahkan pada agenda pembelaan,” kata Masra. Usai mendengarkan pembacaan tuntutan dari JPU majelis akhirnya menutup sidang dan melanjutkan pada pekan dengan agenda pembelaan terdakwa. (tr-10)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar