oleh

Marten Jadi Pemateri Forum Round Table Mayor’s Meeting KSDPL

-Kota Gorontalo-168 Pengunjung

GORONTALO (RGOL.ID) – Walikota Gorontalo, Marten Taha yang juga Wakil Ketua Umum Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah DPP APEKSI, mewakili Ketua umum APEKSI Pusat, menjadi pemateri pada forum Table Mayor’s Meeting KSDPL (Kerja Sama Daerah dengan Pemerintah Daerah Luar Negeri), bertempat di Kota Makassar, Jumat (15/10/21).

Pada kesempatan itu, Marten mengulas tentang hubungan kerja sama yang dilakukan dua negara atau lebih untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.

“Fokusnya pada penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat pemenuhan pelayanan publik,” ujar Marten.

Tujuan dari kerjasama itu kata Marten, adalah mencukupi kebutuhan masyarakat masing-masing negara, mencegah atau menghindari konflik yang mungkin terjadi dan memperolah pengakuan sebagai negara merdeka dan mempererat hubungan antar negara.

Selain itu, KSDPL dan KSDLL fokus pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pertukaran budaya, peningkatan kemampuan teknis dan manajemen pemerintahan, promosi potensi daerah, serta objek kerja sama lainnya yang tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Bagi Marten, pelaksanaan kerja sama internasional maupun kerja sama antar daerah diakui bukan langkah yang mudah dan sederhana.

Marten mengatakan, banyak faktor yang mempengaruhi Pemda masih ragu dalam membangun komitmen melakukan kerja sama antar negara dikarenakan belum ada wadah informasi yang lengkap dan efektif untuk menjembatani dan memfasilitasi Pemda dalam membangun upaya kerja sama tersebut.

Olehnya itu, APEKSI dengan slogan #APEKSINERGI, memerankan fungsi mediasi dalam menginformasikan, mempromosikan, memperkenalkan dan menjembatani daerah dalam upaya membangun proses kerja sama.

Di samping memfasilitasi peningkatan kapasitas, APEKSI juga memahami berbagai prosedur dan strategi membangun kerja sama atau kemitraan antar daerah.

“Dalam upaya fasilitas tersebut, APEKSI juga terus berkolaborasi dan memperluas jaringan dengan berbagai lembaga dan juga menjembatani peran tersebut baik secara nasional maupun internasional, seperti, United Cities Local Goverments Asia Pasific (UCLG ASPAC),” tuturnya. (lev)


Komentar