oleh

Marten Taha Sang Pemimpin

-Gorontalo-319 Pengunjung

RGOL.ID (Gorontalo) – Jiwa kepemimpinan sejak kecil sudah lahir dalam dirinya, mulai dari bangku sekolah, kuliah, organisasi mahasiswa, partai, menjadi anggota legislatif hingga kini sebagai Wali Kota Gorontalo dua periode.

Maka dari itu, sangat wajar jika kemudian Negeri Ini memberikan penghargaan kepada dirinya sebagai Sang Pemimpin, Jumat (18/10) kemarin.

Melalui program Sang Pemimpin yang digelar Portal berita Okezone.com yang tergabung dalam MNC Digital Indonesia (MDI).

Kategori pelayanan publik menjadi penilaian khusus bagi penyelenggara, terhadap kinerja Marten, dalam membawa pemerintahan Kota Gorontalo menjadi lebih baik. Marten Taha sendiri, merupakan satu diantara 18 Kepala Daerah penerima penghargaan yang sama.

Ini tentunya menggambarkan bahwa, Marten Taha memiliki kemampuan yang sederajat dengan 17 kepala daerah lain. Termasuk beberapa Kepala Daerah, yang pernah menjabat sebagai Menteri di Kabinet Kerja Presiden RI Joko Widodo.

“Kegiatan yang digelar di hotel Kemphinzki Jalan M.H Thamrin Jakarta, menyajikan sebanyak tujuh kategori, masing-masing sektor pariwisata, pelayanan publik, kebijakan publik, sosial dan budaya, tata kelola pemerintah, investasi dan ekonomi kreatif.

Bagi saya, ini adalah sebuah motivasi bagi Pemerintah Kota Gorontalo, untuk terus meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat,” ujar Marten.

Penghargaan tersebut Ia dedikasikan pula kepada masyarakat, karena masyarakat adalah kunci capai dan tidaknya suatu pelayanan di daerah. Pemeritah Kota Gorontalo sendiri, setiap tahun terus melakukan pembenahan atas pelayanan publik di berbagai bidang.

Diantaranya, kesehatan, pendidikan, sosial, ekonomi, infrastruktur dan pelayanan lainnya. “Kemudahan terhadap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, sangat penting. Kota Gorontalo sendiri, sudah melaksanakan program itu sejak dulu.

Contoh dalam pemberian pelayanan pendidikan di daerah, dimana Kota Gorontalo sudah menerapkan layanan pendidikan melalui online. Yaitu pendaftaran siswa melalui jalur online,” ungkap Marten.

Dalam rangka memaksimalkan pelayanan publik kepada masyarakat, pemerintah Kota Gorontalo bukan hanya ditopang oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Tetapi membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempuni, supaya bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Kita harus memberikan kenyamanan kepada mereka dan memberikan kepastian kepada mereka,” ungkapnya.

Sementara itu CEO OkeZone, Daniel Hartono mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Okezone.com kepada kepala daerah berprestasi, dalam memajukan daerahnya, dan berkontribusi terhadap pembangunan nasional.

Ia berharap penghargaan Sang Pemimpin bisa motivasi kepala daerah di Indonesia, untuk terus menunjukkan prestasinya dalam membangun daerahnya.

“Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha, menurut saya dinilai telah berhasil dalam mengelolah dan menggarap potensi daerah, sehingga memacu pertumbuhan dan kemajuan berbagai sektor pembangunan daerahnya melalui pelayanan publik.

Dimana Marten berhasil melibatkan masyarakat adat, dalam pemerintahan maupun pembangunan,” tutur Daniel. (lev/tr-11)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.