oleh

Masyarakat Buol ingin Bergabung Jadi Bagian Provinsi Gorontalo

BOTU (RG) – Isu yang sejak lama didengungkan, bahwa ada keinginan dari masyarakat di kabupaten Buol, provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk bergabung menjadi rakyat dari wilayah provinsi Gorontalo, ternyata bukan lagi isapan jempol belaka.

Buktinya, Senin (21/3) kemarin, puluhan masyarakat dari kabupaten di pesisir utara pulau Sulawesi dan berbatasan dengan kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) itu, mendatangi DPRD Provinsi (Deprov) Gorontalo, dan diterima oleh jajaran Komisi I Deprov.

Dengan maksud menyatakan diri, ingin bergabung menjadi rakyat di provinsi Gorontalo, dan mengharapkan kabupaten Buol berpindah administrasi ketatanegaraannya, menjadi bagian dari provinsi Gorontalo.

“Karena ini, aspirasi langsung yang disampaikan oleh mereka (masyarakat Buol), dengan mendatangi kami (Komisi I), ya kami secara terbuka menerima apa yang mereka aspirasikan.” ujar anggota Komisi I Deprov, Oktohari Dalango.

“Namun tentunya, ada prosedur serta tahapan yang harus dilalui, karena ini menyangkut perpindahan administrasi, berikut kependudukannya di antar provinsi. Yang tentunya, kewenangannya ditetapkan oleh pemerintah pusat,” imbuh mantan Ketua DPRD kabupaten Boalemo itu.

Senada dengan Oktohari, Ketua Komisi I Deprov, AW Talib, menambahkan, jika kelak aspirasi dari masyarakat Buol itu, terus ditindaklanjuti dan terterima oleh pemerintah pusat, nantinya akan bermuara menjadi produk hukum yang digodok DPR RI.

“Menyangkut kelengkapan administrasi, dan sebagainya. Yang harus turut beroleh legitimasi atau persetujuan, baik dari Pemprov dan DPRD Sulteng, serta keterterimaan dari Pemprov dan Deprov Gorontalo,” jelas mantan anggota Komisi II DPR RI ini. (ayi)


Komentar