RGOL.ID – Pasokan bahan pangan di Provinsi Gorontalo dipastikan aman hingga ramadhan dan lebaran Idul Fitri nanti. Ini ditegaskan Penjagub Hamka Hendra Noer, usai melakukan sidak ketersediaan stok bahan pangan, disejumlah distributor, Bulog dan pasar sentral Kota Gorontalo, Selasa (14/02) kemarin.

“Secara keseluruhan memang semuanya bisa menutupi kebutuhan masyarakat yang ada sekarang. Tadi kita hasil dialog dengan distributor dan pedagang dipasar, mudah-mudahan insya Allah sampai masuk ramadhan stok bahan pokok itu masih bisa terkontrol dan semua mencukupi,” kata Hamka.

Stok minyak goreng misalnya ada di angka 360 ton atau cukup untuk delapan hari. Belum termasuk dengan yang sudah dipesan sejumlah distributor sekitar 10 ribu ton. Dikatakan terkait naiknya harga minyak goreng yang sempat menembus angka Rp21 ribu. Menurutnya itu harga dua pekan lalu dan sekarang sudah kembali normal sekitar Rp16.000 hingga Rp17.000 per liter.

“Kita pemerintah berharap harga harga tidak naik, nanti kita kontrol terus. Karena di pasar itu memang agak berat karena disitu ada ketersediaan dan permintaan.

Bisa kita lakukan adalah ikhtiar, mengontrol di bulog di distributor dan paling penting adalah operasi pasar seperti ini. Harapan kami pemerintah, pedagang di pasar jangan terlalu menaikan harga, eceran tertinggilah. Harus ada patokan. Oleh sebab itu, Bulog nanti akan kita terus dorong agar bisa mengendalikan probilisasi,” tandasnya. (RG-25)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.