oleh

Melaut, Seorang Nelayan Buluwatu, Gorontalo Utara Dikabarkan Hilang

-rgol.id-537 Pengunjung

RGOL.ID, GORONTALO – Seorang nelayan asal Desa Buluwatu, Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo, dinyatakan hilang saat melaut di Perairan Gorontalo Utara.

Berdasarkan informasi yang dihimpun RGOL.ID, nelayan atas nama Busra Kamah (45 tahun) itu melaut sejak, Rabu (02/06/2021) sekitar pukul 16.00 WITA, namun hingga Kamis (03/06/2021) sore, belum juga pulang.

Pihak keluarga pun telah melaporkan kejadian ini ke pihak pemerintah desa setempat.

Bahkan, dengan mempertimbangkan berbagai kemungkinan dan kondisi yang telah melampaui waktu 1×24 jam. Maka, pihak keluarga dibantu tetangga telah melakukan upaya pencarian terhadap yang bersangkutan.

Di mana, saat ini, 1 perahu nelayan berisi 3 orang masyarakat sedang dalam proses penyisiran di wilayah perairan Dulukapa, Buluwatu, dan Koluwoka yang disinyalir menjadi titik aktifitas yang bersangkutan.

Sementara, pemerintah desa setempat juga telah berupaya melakukan identifikasi menemui nelayan-nelayan yang ada di Desa Buluwatu yang saat ini sudah kembali dari aktifitas melaut.

“Dari pengakuan mereka bahwa mereka tidak pernah bertemu dengan yang bersangkutan,” tutur Kades Buluwatu, Irfan Rahman.

Kabar ini pun telah dikoordinasikan dengan Pemerintah Kecamatan Sumalata Timur dan Camat Sumalata Timur, Ayis Yusuf beserta tim telah turun melakukan upaya pencarian.

Sementara kabar terbaru menyebutkan, sekitar pukul 17.17 WITA, perahu milik korban lengkap dengan alat pancingnya dan beberapa ikan hasil tangkapan telah ditemukan di sekitar Pulau Pepaya, Sumalata Timur.

Namun, saat ditemukan oleh nelayan setempat, ikan hasil tangkapan telah membusuk. Sementara korban yang dikabarkan hilang tersebut tidak berada di sana. Begitu pun dengan gayung miliknya.

“Malam ini kami sudah melakukan musyawarah dengan Pak Camat dan keluarga korban. Kami bahkan sudah berkoordinasi dengan pihak Basarnas kabupaten dan malam ini akan mengirimkan satu tim. Nanti akan ditambah satu tim besok untuk melakukan pencarian,” ujar Irfan Rahman.

“Insya Allah tim dari Basarnas dan kita di sini akan turun lagi melakukan pencarian besok hari (Jumat 04/06/2021). Dan malam ini untuk sementara pencarian kita hentikan dulu,” tandasnya. (ind-56)


Komentar