RGOL.ID – Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, meminta seluruh pemerintah daerah untuk mengantisipasi kenaikan harga sejumlah komoditi pangan jelang Ramadan. Hal itu diutarakan Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, usai mengikuti rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah secara daring di aula rumah jabatan Wakil Gubernur Gorontalo, Senin (20/2).

“Sesuai arahan pak Mendagri, kita diminta fokus mengantisipasi kenaikan harga beras, minyak goreng, cabai, dan bawang merah. Alhamdulillah untuk keempat komoditi pangan ini kenaikan harganya di Gorontalo masih terkontrol,” kata Hamka.

Hamka menuturkan, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah melakukan beberapa langkah strategis dalam upaya stabilisasi harga pangan, di antaranya melalui gerakan pangan murah dan pasar murah. Gerakan pangan murah yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama dengan distributor akan menyisir 10 lokasi di wilayah Kota Gorontalo dan sekitarnya.

Gerakan pangan murah akan menjual sejumlah komoditi pangan sesuai dengan harga distributor atau harga eceran tertinggi yang sudah ditetapkan pemerintah. Sedangkan untuk pasar murah yang digelar oleh Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan, akan menjual delapan komoditi pangan dengan harga yang disubsidi Pemprov Gorontalo.

Sementara itu, Stok komoditi beras dan minyak goreng di Gorontalo jelang Ramadan dipastikan aman. Menurut Kepala Bulog Sub Divisi Regional Gorontalo, Munafri Syamsudin, stok beras sekarang ada 100 ton. Akan bertambah lagi sebanyak 1.200 ton akhir bulan ini. Sedangkan untuk minyak goreng, kita sudah distribusi 30 ribu liter dan akan masuk lagi 50 ribu liter.

Munafri mengungkapkan, masuknya stok beras 1.200 ton akan cukup memenuhi kebutuhan masyarakat Gorontalo saat Ramadan hingga Idulfitri. Ketersediaan stok tersebut juga akan digunakan untuk operasi pasar dalam rangka menstabilkan harga beras. “Harga eceran tertinggi beras Bulog kelas premium Rp12.800,00 dan medium itu ada dikisaran Rp9.450,00. Kita gunakan stok yang ada agar pedagang pengecer tidak menaikkan harga di atas HET,” pungkasnya. (RG-25/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.