oleh

Menteri Susi Terpukau Hiu Paus dan Olele

MENTERI Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti didampingi Bupati Bone Bolango Hamim Pou saat berenang menyaksikan Hiu Paus di desa Botubarani. (foto/hms-sehe)
MENTERI Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti didampingi Bupati Bone Bolango Hamim Pou saat berenang menyaksikan Hiu Paus di desa Botubarani. (foto/hms-sehe)

BONE BOLANGO (RadarGorontalo.com) – Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti mengaku terpukau dengan keberadaan Hiu Paus di desa Botubarani dan Taman Laut Olele di Desa Olele Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. Hal ini diutarakan Menteri Susi Pudjiastuti pada kunjungannya ke Bone Bolango dalam rangka melihat secara langsung keberadaan Hiu Paus di Desa Botubarani dan Taman Laut Olele di Desa Olele Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, sabtu (14/5).

Pantauan dilokasi, Menteri Susi Pudjiastuti bersama Bupati Bone Bolango Hamim Pou langsung melakukan penyelaman untuk melihat lebih dekat kondisi Hiu Paus tersebut. Hal serupa juga dilakukan Menteri Susi Pudjiastuti di taman laut Olele.

Menteri Susi merasa terpukau dan takjub atas keindahan dan pesona taman bawah laut Olele. Pada kesempatan itu, Menteri Susi mengatakan bahwa khusus wisata Hiu Paus harus dikelola secara bijaksana dan dilakukan sesuai dengan pedoman yang sudah diterbitkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia. Sehingga aktivitas wisata tersebut dapat dilakukan secara lestari dengan tetap memperhatikan aspek konservasi.

“wisata Hiu Paus ini harus dikelola dengan bijaksana dan harus hati-hati. saya sarankan dari pinggir tidak boleh lagi ada perahu mendekat. Jadi berenang saja langsung supaya tidak tergesek-gesek pada Hiu Paus, karena saya lihat sudah ada luka lumayan banyak di badan mereka, ada yang disirip, ekor, badan, dan kepala.” imbaunya.

Menteri Susi menambahkan bahwa KKP akan terus mendukung potensi Wisata Hiu Paus tersebut dengan pemberian beberapa bantuan ke kelompok masyarakat di kabupaten Bone Bolango. Salah satunya melalui pemberian paket bantuan alat snorkeling dan buku pedoman Wisata Hiu Paus kepada kelompok masyarakat sadar wisata.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango Hamim Pou tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh media baik elektronik maupun cetak yang telah memberitakan atas keberadaan Hiu Paus di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone selama hampir enam pekan terakhir ini. “tentu ini patut disyukuri karena berkah untuk daerah kita, dimana keberadaan Hius Paus sejumlah 17 ekor ini turut mempopulerkan kabupaten Bone Bolango, di seluruh tanah air Indonesia bahkan sampai ke luar negeri.” ujarnya.

Bupati Hamim juga menyampaikan terima kasih kepada Menteri Susi Pujiastuti yang meluangkan waktu berkunjung ke Gorontalo, khususnya di Bone Bolango, bukan hanya sekedar melihat wisata hiu paus dan olele, tapi turut serta memberikan bantuan. “insya Allah bantuan dari ibu Menteri memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat nelayan.” tuturnya. (RG-46)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar