Menunggu Kebijakan Moratorium Dicabut, Kemendagri: Bone Pesisir Layak DOB

GORONTALO (RGOL.ID) – Wilayah Kabupaten Bone Pesisir, tinggal selangkah lagi menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB). Pasalnya, Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) telah memberikan lampu hijau bahwa daerah Bone Bolango di bagian selatan ini layak menjadi kabupaten baru.

Hal ini diutarakan Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Valentinus Sudarjanto Sumito pada kunjungannya dalam rangka sosialisasi penataan daerah di Mall Pelayanan Publik (MPP) Bone Pesisir, Desa Tihu, Kecamatan Bonepantai, Selasa (11/4/22).

Valentinus menyebutkan sejak tahun 1999-2014, ada sekitar delapan provinsi baru yang diusulkan kepada Kemendagri. Selain itu terdapat 181 usulan kabupaten baru dan 34 kota baru.

Sementara pada 2022 ini,  total usulan DOB yang masuk ke Kemendagri sebanyak 329 usulan, yang terdri dari 55 Provinsi, 237 kabupaten, serta 37 kota. “luar biasa banyaknya, dan di dalamnya ada Bone Pesisir,” kata Valentinus.

Diakui Valentinus dari total 329 itu, jika dilakukan serentak, tentu  tidak akan mungkin, karena semuanya tergantung ketersediaan anggaran.

Selain itu, adanya moratorium pembentukan DOB yang belum dicabut. “memang ada moratorium, tapi bukan berarti tidak ada DOB pemekaran, kita tunda sementara karena kondisi pandemi global berkaitan dengan Covid-19 yang berimbas pada devisit anggaran,” kata Valentinus.

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.