Menyambut Mahasiswa Baru, Rektor UMGO Tantang Mahasiswa Kuliah 3.5 Tahun

RGOL.ID – Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) bisa disebut juga Masa Ta’aruf atau dulu lebih dikenal dengan Istilah Ospek, merupakan acara pembuka dalam menyambut mahasiswa baru yang akan melanjutkan studinya di Kampus Pencerahan Unggul Dan Berkemajuan UMGO, yang berlangsung di Gedung Indoor David Bobihoe Akib.

Acara ini akan berlangsung selama empat hari kedepan Kamis-Ahad (25-28/8/2022), dimana hari pertama sampai dengan ketiga diperuntukkan untuk Pesmaba tingkat Universitas dan hari keempat untuk Pesmaba tingkat Fakultas, yang mana keseluruhan kegiatan ini dilaksanakan secara offline dan diikuti oleh 748 Mahasiswa Baru (Maba) yang dinyatakan lulus pada Gelombang pertama tersebar di Fakultas Sains dan Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Psikologi.

Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan selaku Ketua Panita Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2022/2023, Dr. Apris Ara Tilome, dalam sambutannya mengaku bersyukur karena kegiatan ini bisa terlaksana.

“Alhamdulillah kegiatan ini bisa dilaksanakan offline yang tiga tahun kemarin kita melaksanakan secara online dan offline yang mana mahasiswanya itu sangat terbatas karena adanya Pandemi Covid-19. Tentu kita hari ini sangat berbahagia bisa bertatap muka langsung dengan putra-putri terbaik bangsa yang ingin melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Swasta Terbaik 1 di Gorontalo yakni UMGO,”ucapnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada pimpinan UMGO dalam hal ini Rektor dan jajarannya, kepada dosen-dosen dan TPA UMGO yang sudah berperan dalam penjaringan mahasiswa baru sampai dengan pelaksanaan Pesmaba.

“Juga kepada seluruh panitia dan mahasiswa yang telah membantu agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Dan tidak lupa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada mahasiswa karena telah mempercayakan UMGO untuk tempat menimba ilmu Insha Allah kami bisa menuntun mahasiswa tidak hanya dalam bidang akademik tapi dalam membina karakter maupun akhlak serta soft skill sesuai motto UMGO,”tandasnya.

Setelah dilakukan seremoni pembukaan Pesmaba, dilanjutkan dengan kegiatan pemberiaan materi dengan lima pembicara mulai dari Rektor, Wakil Rektor I Prof. Dr. Hj. Moon Hidayati Otoluwa, Wakil Rektor III Dr. Apris Ara Tilome, Ketua LP3M UMGO Dr. Tamrin Kum, hingga Ketua BPH UMGO Drs. H. Yusnan J. Ekie, M. Pd. Pemberian materi ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi mahasiswa baru tentang insight yang cukup sebelum memulai semua kegiatan mereka menjadi mahasiswa baru.

Sementara itu Rektor UMGO, Prof. Abd. Kadim Masaong saat memberikan materi tentang “Strategi Kebijakan Pengembangan Kampus Unggul dan Berkemajuan” dihadapan mahasiswa baru, ia menyampaikan bahwa banyak sekali harapan yang ia letakkan pada mahasiswa baru ini.

“Mahasiswa itu pondasi bangsa, maka jadikanlah negara ini mempunyai pondasi yang kuat dengan generasi-generasi emas. Sebagai mahasiswa, kalian nantinya punya kesempatan berkarya, menciptakan masa depan yang cemerlang untuk diri kalian sendiri dan juga bangsa ini”ucap Prof Kadim dengan penuh semangat.

Rektor yang juga seorang penulis buku tersebut juga turut menantang mahasiswa baru agar dapat menyelesaikan kuliah dengan 3,5 tahun di program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan program Kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) . Mahasiswa harus memanfaatkan ini sebaik mungkin, karena Kurikulum UMGO sudah disusun dan bisa selesai 3,5 Tahun,” tegasnya

“Jadi dengan adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka kita dimungkinkan dapat menyelesaikan studi selama 3.5 tahun, maka untuk itu saya menantang mahasiswa untuk mau berpatispasi dalam kegiatan ini dan harus menargetkan diri untuk kuliah 3.5 tahun karena ditahun ajaran ini juga kita akan menerapkan MBKM di UMGO dan untuk Maba akan diintegrasikan dengan program berasrama gelombang III mendatang,”ucapnya.

Terakhir ia berpesan kepada Maba, agar selama kuliah untuk mencari pengalaman dan ilmu sebanyak mungkin karena hal ini akan menjadi modal utama saat mahasiswa lulus nanti. Ia juga berharap Pesmaba ini menjadi awalan yang baik untuk para mahasiswa baru dalam memulai kehidupan studi mereka di UMGO nantinya.

“Ciri mahasiswa yang kuliah di UMGO Imannya Kuat, Ilmunya Tinggi, Akhlaknya baik dan Softskillnya Hebat,” tutupnya.(Hms)


Jangan Lewatkan

Komentar