oleh

Mobil Laboratorium Swab PCR Bantuan Kemenkes Mulai Beroperasi di Gorontalo

-Gorontalo-218 Pengunjung

RGOL.ID, GORONTALO – Satu unit Mobil Laboratorium Swab PCR yang merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk Provinsi Gorontalo dalam rangka mendukung penanganan Covid-19, sudah mulai beroperasi.

Kepala Balai Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Kemenkes RI Manado, Suharto, M.Kes mengatakan, fungsi mobil ini untuk meningkatkan program 3T (Testing, Tracing dan Treatment) Covid-19 di Provinsi Gorontalo.

“di Gorontalo laboratorium Swab Test Covid-19 hanya satu di BPOM, sehingga itu, Kemenkes memandang perlu menempatkan laboratorium mobile untuk mendukung dan menunjang pemeriksaan swab test Covid-19 di Gorontalo,” ungkap Suharto.

Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, mengucapkan terima kasih kepada Menteri Kesehatan dan seluruh jajarannya atas kepercayaan memberikan Mobil Laboratorium Swab PCR tersebut.

“saya berharap mobil ini bisa membantu menurunkan kasus Covid-19 di Gorontalo, dan saya juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk taat protokol kesehatan,” ungkapnya.

Peresmian mobil ini ditandai dengan pemeriksaan swab PCR bagi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, pejabat Pemprov dan sejumlah pejabat dari Kemenkes RI. Bantuan ini semakin terasa spesial karena hanya ada 10 unit di Indonesia dan salah satunya Gorontalo.

Mobil laboratorium ini memiliki spesifikasi yang cukup canggih. Mobil laboratorium mampu memeriksa sampel Covid-19 sebanyak 200 sampai 250 setiap hari. Laboratorium ini juga bisa mendeteksi sampel penyakit menular lain seperti TBC dan sebagainya, serta waktu membaca sampelnya juga cukup cepat hanya butuh waktu tiga jam. (awl)


Komentar