Kendaraan operasional polisi yang dimanfaatkan untuk mengantarkan masyarakat Dusun Iloheluma pulang ke rumah masing-masing. (FOTO : ISTIMEWA)
Kendaraan operasional polisi yang dimanfaatkan untuk mengantarkan masyarakat Dusun Iloheluma pulang ke rumah masing-masing. (FOTO : ISTIMEWA)

RadarGorontalo.com – SEBAGAI lembaga yang memiliki peran pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, Polres Boalemo tak henti-hentinya melakukan terobosan program inovatif. Mulai dari menggalakan sosialisasi dan kampanye untuk meningkatkan peran masyarakat dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) hingga mengintensifkan patroli wilayah guna menjaga keamanan masyarakat. Nah, belakangan ini mencuat program baru yang dilaksanakan oleh Polres Boalemo, yaitu memanfaatkan mobil patroli, layaknya mobil ‘angkutan umum’ bagi masyarakat.

Penulis : RONALD RAMPI, Radar Gorontalo

BISA dibilang, Polres Boalemo tak pernah kehabisan program dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Buktinya, ada saja program inovatif yang berhasil dilakukan oleh lembaga Tribrata di Boalemo ini. Seperti pemandangan yang terlihat di Pasar Wonggahu Kecamatan Paguyaman, belum lama ini. Nampak sebuah mobil patroli polisi Sektor Paguyaman tengah terparkir di pintu masuk pasar. Secara kasat mata, tidak ada yang aneh dari keberadaan mobil operasional polisi tersebut. Tentunya, kebanyakan orang berfikir bahwa mobil tersebut tengah bertugas menjaga keamanan dan situasi di sekitaran Pasar Wonggahu. Namun ternyata, mobil dan sejumlah anggota polisi yang bertugas di depan Pasar Wonggahu itu, bukan sekedar menjaga arus lalu lintas maupun menjaga situasi keamanan dan ketertiban di sekitar pasar. Akan tetapi, mobil tersebut juga bersiaga unuk untuk memberikan jasa angkutan bagi masyarakat yang hendak kembali ke rumah mereka masing-masing. Terlebih masyarakat yang tinggal di pelosok, dan sering mengalami kesulitan mendapatkan kendaraan untuk pulang. Menariknya, berbeda kendaraan jasa angkutan lain, kendaraan operasional polisi ini tidak memungut biaya sepeser pun bagi masyarakat, alias gratis. Masyarakat bisa kembali ke rumah mereka masing-masing, tanpa harus merasa kesulitan mencari kendaraan tumpangan. Meski menumpangi mobil operasional polisi dengan kondisi bak terbuka, namun masyarakat merasa senang. Mereka terbantukan untuk bisa segera pulang ke rumah.

Kapolres Boalemo AKBP.Jefri Yuniardi, S.Ik menuturkan, program ini merupakan salah satu bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat. “Jadi pelaksanaan patroli Sektor Paguyamam ke Pasar Wonggahu, sempat mendapati ada beberapa warga yang tidak mendapatkan tumpangan untuk kembali ke rumah mereka di Dusun Iloheluma Desa Kuala Lumpur. Melihat kondisi itu, maka anggota Polsek Paguyaman yang bertugas di wilayah tersebut langsung menggunakan mobil operasional untuk mengangkut masyarakat itu, dan mengantarkannya ke rumah masing-masing,” ungkap orang nomor satu di instansi Tribrata Boalemo itu.

Selanjutnya, Kapolres mengungkapkan, program humanis ini tidak hanya berpusat di wilayah sektor Paguyaman saja. Rencananya, program ini akan terus diperluas di bebebrap kecamatan atau sektor lainnya. “Untuk sementara, baru Paguyaman dan Tilamuta. Nanti, kecamatan lain juga akan digalakan program yang sama,” sambung Kapolres. Ia menuturkan, Polres Boalemo senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. (RG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.