oleh

Modal Sedikit, Untung Bisa Puluhan Juta

Cara Murah Bisnis Sarang Walet

GORONTALO (RadarGorontalo.com) – Bagi yang ingin jenis usaha baru, dengan keuntungan menggiurkan, sepertinya bisnis sarang burung walet bisa jadi alternatif. Memang, ada yang pesimis karena jenis usaha ini, modalnya harus diatas 200 juta. Tapi ternyata tak seperti itu. Kini sudah ditemukan cara baru penangkaran burung walet, dengan modal sedikit, tapi bisa untung puluhan juta per bulannya.

Sejak sore kemarin, konsultan walet Asia Tenggara, Drs. Arief Budiman didampingi divisi ekspor www.duniawalet.co.id, Agus Yuda Nugroho tiba di Gorontalo. Kunjungannya kali ini untuk berbagi ilmu dengan calon-calon pengusaha walet Gorontalo. Arief Budiman memang konsultan walet berpengalaman. Tidak hanya di Indonesia, Arief Budiman sudah sering menjadi konsultan walet negara-negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Vietnam serta negara Asia Tenggara lainnya. Saat ini, Arief Budiman sangat tertarik dengan peluang walet di Gorontalo. “di Gorontalo berbeda dengan daerah lain. kalau daerah lain, gedung cari walet. kalau di Gorontalo, walet cari gedung. disinilah peluang usahanya.” kata penulis buku best seller berjudul 18 Desain Gedung Walet Paket Hemat ini. Arief menambahkan, sekarang ini, liur burung walet atau sering disebut sarang burung walet adalah komoditas ekspor yang punya nilai jual yang tinggi. “peluang usaha walet inilah yang harus dikejar masyarakat Gorontalo, karena harga jualnya mahal dengan modal usaha awal yang murah.” jelas Arief Budiman. Sehingga itu, bagi masyarakat Gorontalo yang ingin menjadi pengusaha walet, silahkan hadir dan mengikuti seminar walet yang akan dilaksanakan pagi ini, di Hotel Maqna Gorontalo. Dalam seminar inilah, Arief Budiman akan bicara banyak soal teknik budidaya walet bagi pemula maupun desain gedung walet dilengkapi dengan suara pemanggil walet. Hanya dengan modal lebih kurang Rp. 100 juta, masyarakat sudah bisa membangun gedung walet paket hemat. “dengan gedung walet paket hemat dan didukung ilmu yang kami berikan, insya Allah hasilnya akan luar biasa.” ujar Arief.

Harus dipahami, untuk membangun gedung walet serta budidaya walet yang berhasil, tidak ditentukan oleh besarnya modal, luasnya gedung, atau mahalnya bahan bangunan. Melainkan terciptanya kesesuaian habitat walet, yaitu kondisi suhu, kelembapan serta tata ruang di dalam gedung. Membangun gedung walet bisa dengan biaya yang relatif murah. Bahkan hanya dengan membangun gedung walet dengan kerangka kayu, itu bisa menghasilkan omset yang besar. “alhamdulillah semua ini sudah banyak dibuktikan oleh ratusan bahkan ribuan peternak walet yang berkonsultasi dengan kami.” tegas Arief. Dan sampai dengan saat ini, sudah banyak member Arief Budiman di seluruh Nusantara yang telah sukses dalam budidaya burung walet. Salah satunya pengusaha walet asal Gorontalo, H. Anwar yang sudah berkonsultasi dengan Arief Budiman sejak tahun 2010 silam. “alhamdulillah, usaha walet ini modalnya murah, tapi banyak untungnya.” tutur pengusaha walet dengan omset Rp. 8 juta sampai Rp. 10 juta per bulan ini. Bagi masyarakat Gorontalo yang berminat menjadi pengusaha walet, maka bisa berkonsultasi dengan menghubungi nomor 082348181910 sub agen Gorontalo atas nama Yanto Turede. (RG-46)


Jangan Lewatkan

Komentar