RGOL.ID GORONTALO – Sukri Botutihe disebut sebut sebagai calon kuat Plt Bupati Gorut untuk masa jabatan kurang lebih setahun.

Seperti diketahui ada banyak sekali daerah yang kepala daerahnya yang harus di Plt, maka banyak pejabat yang akan diturunkan ke Kabupaten Kota, Sukri yang kini Plt Sekprov mengatakan, Plt Bupati sangat ditentukan di Kemendagri.

Memang pihak Kemendagri meminta usulan dari daerah, tetapi keputusannya ada di pusat. Ditanya apakah benar penentuan siapa yang akan jadi Plt Bupati sangat berbau politik.

Cucu Sultan Botutihe itu, tersenyum, lalu mengatakan, untuk menentukan siapa yang akan ditunjuk jadi Plt, Kemendagri juga melibatkan pihak luar dari departemen lainnya dalam tim yang menggodok para calon Plt.

Sementara untuk jabatan Sekprov definitif, ini juga yang menjadi isue yang menyita perhatian.

Memang sampai sekarang ini jabatan Sekprov itu masih di Plt dan sudah akan 3 kali perpanjangan, sumber mengatakan, SK perpanjangan yang ketiga ini akan turun dengan perintah melaksanakan open bidding.

Menurut sumber open bidding ini harus segera dilaksanakan, karena presesnya memakan waktu sampai 5 bulan.

Lalu siapa saja kandidat calon Sekprov? Memang ada beberapa nama tetapi yang sangat berpeluang adalah Mulyadi, karena sangat memenuhi syarat, dia sudah PIM 1 dan Lemhanas pula.

Selain itu dia juga paling senior dari pejabat yang memenuhi syarat dari segi umur, karena batas umur untuk menjadi Sekprov adalah 56 tah pada saat mendaftar di open bidding.

Dulu kata sumber lagi, waktu Winarni jadi Sekorov beliau belum PIM 1 demikian pula dengan Darda juga belum PIM 1.

Pejabat yang satu ini memang sangat menenuhi syarat, baik itu dari segi kepangkatan, dan kemampuan, dia memiliki kecerikan dan kecerdasan.” beliau ini punya nilai plus,” kata sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.