Muscab PPP Boalemo ‘Deadlock’

Muscab III PPP Boalemo di Pentadio Resort

RadarGorontalo.com – Musyawarah Cabang (Muscab) PPP se Provinsi Gorontalo digelar serentak di Pentadio Resort, Limboto Kabupaten Gorontalo, Selasa(5/9). Namun dari seluruh muscab yang digelar, hanya muscab PPP III Boalemo yang berjalan alot. Bahkan harus berakhir deadlock. Musyawarah yang dipimpin oleh Samsudin Hamu selaku Ketua Presidium Sidang dan Herson Tina selaku Sekretaris Presidium Sidang ini, tak menemukan kata mufakat dalam menentukan figur ‘nahkoda’ PPP lima tahun kedepan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun awak RADAR Gorontalo, awalnya musyawarah yang dihadiri oleh Sekretaris DPW PPP Provinsi Gorontalo Ichsan Adrianus Male berjalan tertib dan lancar. Agenda penyampaian Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) yang dibacakan oleh ketua DPC dimisioner Abdillah Alhasni juga berlangsung aman. Tak begitu nampak adanya pemandangan umum PAC yang mengoreksi capaian kinerja Ketua Fraksi PPP Kabupaten Boalemo itu.

Namun situasi mendadak berubah, ketika masuk pada tahapan pengusulan nama calon kandidat. Dalam tahapan pengusulan ini, ada 3 nama yang mencuat ke permukaan dan disampikan oleh masing-masing PAC. Yakni Abdillah Alhasni, Iswan Hamzah dan Samsudin Hamu. Semestinya, dari ketiga nama yang diusulkan ini, dilakukanlah musyawarah untuk menghasilkan satu nama yang diberi mandat untuk menjadi ketua DPC. Namun pada saat musyawarah digelar, para kandidat maupun pendukung tetap bersikukuh mempertahankan argumen masing-masing. Tak pelak, adu argumen pun tak terelakan. Alhasil, jalannya persidangan pun dihentikan.

Sesuai mekanise organisasi partai dalam menindaklanjuti kondisi tersebut, maka dibentuklah tim formatur yang terdiri dari 5 unsur, yakni Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Majelis Pertimbangan Cabang (MPC) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC). Pembentukan tim formatur pun sempat diwarnai perselisihan, namun dapat segera dikendalikan. Dan akhirnya terpilihlah lima nama formatur, yakni Nelson Pomalingo (DPW), Samsudin Hamu (DPC), Hanga Husuri (MPC) dan Rismed Dai (PAC). Tim formatur ini akan bekerja selama 14 hari untuk mengkaji dan menentukan siapa nama yang akan mendapatkan amanat untuk menjabat posisi Ketua DPC PPP Boalemo. (RG-59)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.