oleh

Nelson: BPD Adalah Corong Aspirasi Rakyat di Desa

RGOL. ID.GORONTALO – Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo hadiri pelantikan Badan Permusyarawatan Desa (BPD) Se-Kecamatan Telaga, Selasa kemarin.

Dari 9 Desa Yang ada, kurang lebih ada 63 orang BPD yang telah dilantik, oleh Asisten I bidang Pemerintahan Drs. Asri Tuna, disaksikan langsung Bupati Kabupaten Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo.

Kegiatan ini, juga dirangkai dengan penyaluran Bantuan Langsung Pangan Daerah (BLPD) tahap III dikawasan itu.

Lewat kesempatan ini, Nelson Pomalingo mengatakan, bahwa BPD selain sebagai mitra Kepala Desa, juga sebagai corong aspirasi dari masyarakat yang ada di desa.

” BPD ini sangat strategis di desa, karena mereka menjadi mitra Kepala Desa sekaligus menjadi aspirator permusyarawatan rakyat “. ucapnya.

Lebih lanjut, Nelson menyampaikan, bahwa Kepala Desa harus memahami tupoksinya, sekaligus bermitra dengan BPD dan merancang pembangunan yang ada di desa itu sendiri.

” Juga kepada BPD yang baru saja dilantik, agar selain menjadi aspirator, juga dapat berperan aktif terhadap pengawasan yang ada di desa, karena jika desa tidak diawasi, maka akan terjadi kesalahan yang akan berujung pada kerugian bagi banyak orang “. Paparnya

” Kita berharap banyak, BPD ini bukan hanya menjadi aspirator, tapi juga menjadi pengawas. Karena kadang kala, kalau desa tidak diawasi juga, bisa mengakibatkan kekeliruan di desa”. tambahnya

Oleh karena itu, seluruh BPD yang masa baktinya hingga enam tahun tersebut, akan dilakukan Bimbingan Teknik (Bimtek), yang meliputi fungsi sebagai aspirator serta pengawas pembangunan desa.

” Semangat membangun yang utama. Legislatif, eksekutif, yudikatif tingkat Nasional bahkan tingkat desa, semangatnya sama, untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat, itu tujuannya “. tukas Nelson. (Qn)


Komentar