oleh

Nelson Kagum Kerja ‘Patenga’ Si Gembala 300 Ekor Sapi

RGOL. ID.GORONTALO – Apa yang dilakukan Patenga alias pak Arifin, Tu’u mendapat apresiasi Bupati Nelson Pomalingo.

Pasalnya tokoh masyarakat Boliyohuto itu memiliki 300 ekor sapi yang digembalakan dipadang pengembalaan seluas
104 hektar.

Tanah yang cukup luas itu menjadi tempat hidup ternaknya tanpa tali pengikat. Sebab sapi sapi itu berkeliaran bebas namun masih tetap dalam pagar area padang pengembalaan.

Menurut Bupati ini memang sudah menjadi cita cita kami yang kami sebut ‘ Integrated Farming System’ atau sistem pertanian terpadu, ” Ya, karena dulu diera gubernur Fadel Muhammad, membangun kepercayaan dalam hal peningkatan hasil jagung yang kini sudah menjadi icont kita.

Kini juga pemerintah bercita cita seperti itu membangun peningkatan ternak.” Ungkap Bupati.
Dalam pemikiran bupati, maka pengembangan ternak Sapi ini harus digiatkan. Ketika jagung berhasil dikembangkan, maka kini sapi yang kita harus dorong, itu niat saya.

Kata bupati untuk program ini sudah ada 10.000 sapi yang kita bantu bagi masyarakat melalui program sapi guliran selama hampir 5 tahun, baik melalui penganggaran pusat provinsi hingga daerah dan dana desa. Insyaallah dari semua ini keinginan untk menjadikan kabupaten Gorontalo menjadi lumbung ternak akan terlaksana khususnya peternakan sapi.

” Karena jika dipresentasikan hampir ada 115 ribu kurang lebih,jadi sekitar 60 persen trnak sapi berada di kabupaten Gorontalo dari kurang lebih 200ribu sapi digorontalo ini. ” ucapnya.

Maka dalam rangka itu sehingga bukan hanya menjadi wacana, maka kita akan mendorong satu lembaga maka dengan adanya dinas peternakan dan kesehatan hewan. Kita juga mendorong adanya puskeswan atau pusat kesehatan hewan.

” Maka pentingnya juga mendorong adanya puskeswan yang kini sudah kita bangun diboliyohuto, pulubala dan saru dibatudaa, “
Juga kami mengangkat dokter hewan, dilabuoaten Gorontalo hanya 3 dibanding dokter manusia. Inilah cita cita kami di kabupaten Gorontalo.

” Ya, dan Allhamdulillah ini pula pak arifin sudah merintis ini dan insya allah ini jalan menjadi percontohan perkembangan sapi dikabupaten Gorontalo. ” ujar bupati.

Apalagi sudah mendekati hari Raya qurban, maka sisi kebutuhan ternak khususnya sapi akan menjadi perhatian untuk kita harus dorong dalam pengembangannya, tutupnya. (Qn)

Komentar