oleh

Temui Anis Baswedan, Nelson Pomalingo Bahas Kerjasama antar Daerah

Jakarta (RGOL) – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo melakukan pertemuan dengan Gubernur Provinsi Dki Jakarta, Anies Baswedan. Kamis, (17/06) yang berlangsung di ruang kerja gubernur DKI Jakarta.

Pertemuan kedua pimpinan daerah itu, dalam rangka kerjasama antara daerah, yakni di bidang lumbung pangan ternak sapi. “di era pandemi Covid-19 seperti ini, tentunya saling membutuhkan antara daerah untuk pemulihan ekonomi,” ungkap Nelson di temui usai pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta.

Lebih lanjut Nelson mengungkapkan per harinya, Pemerintah DKI Jakarta mensuplai 700 ekor ternak sapi, dan pihaknya siap mensuplai kurang lebih 1000 – 2000 ternak sapi per bulan ke Jakarta.

Dirinya berharap pemerintah DKI Jakarta bisa membuat Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk membuat pengembangan peternakan di Kabupaten Gorontalo. Sebab di bidang pertanian, Provinsi Gorontalo banyak mensuplai jagung di berbagai daerah dan negara.

Apalagi daun jagung menjadi pakan ternak sapi, selain itu Gorontalo sudah memilik PT Popan untuk pakan ternak, termasuk selama lima tahun ini pemerintah Kabupaten Gorontalo telah menyalurkan 10 ribu ternak sapi yang kepada masyarakat peternak.

Sehingga melalui sektor peternakan menjadi pintu gerbang kerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan secara teknis masih ada pembicaraan antara Dinas Peternakan BUMD dengan Pihak Dinas Pangan dan BUMD DKI Jakarta.

Provinsi Gorontalo kurang lebih ada 200 ribu ternak sapi, khususnya Kabupaten Gorontalo sendiri ada 115 ribu ternak sapi, dengan Pihak Bank Sulutgo akan menyiapkan kredit usaha rakyat untuk bidang peternakan dalam hal penggemukan.

Maka kita bisa mensuplai ternak sapi yang ada di Gorontalo untuk dilakukan penggemukan dan setelah itu di potong,  kemudian dagingnya akan dikirim untuk dipasarkan di Jakarta. Hal ini dilakukan demi mewujudkan Provinsi Gorontalo sebagai lumbung ternak, sehingga peningkatan kesejahteraan naik dan kemiskinan akan turun. (qen)


Komentar