oleh

Nelson : PPN Jadi Kawasan Tecno Sains Park

Sekjen KLH dan Kehutanan RI Dr Ir Bambang Hendroyono, secara simbolis menyerahkan 10 unit bantuan motor pengangkut sampah kepada para petugas kebersihan
Sekjen KLH dan Kehutanan RI Dr Ir Bambang Hendroyono, secara simbolis menyerahkan 10 unit bantuan motor pengangkut sampah kepada para petugas kebersihan

RadarGorontalo.com – Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr. Ir. Bambang Hendroyono, secara simbolis menyerahkan 10 unit bantuan motor pengangkut sampah kepada para petugas kebersihan di Kabupaten Gorontalo. Penyerahan bantuan tersebut serangkaian kunjungan kerja Komisi VII DPR-RI, Fadel Mohamad, Senin (1/8), di pelataran rumah adat.

Sebelumnya tim kementerian dan Komisi VII DPR-RI tersebut diterima Bupati Nelson Pomalingo di rumah dinas Bupati Gorontalo. Diawal pelaksanaan kegiatan terlihat Bupati Nelson Pomalingo menyampaikan konsep-konsep penataan lingkungan serta upaya-upaya yang akan dilakukan dalam rangka penataan kebersihan. Ia bahkan mengungkapkan Pemerintah Daerah ini malah telah menjadikan persoalan lingkungan sebagai salah satu visi-misi pengembangan Kabupaten Gorontalo lima tahun kedepan.

“Daerah ini memiliki lahan seluas 90 hektar, kita rencanakan sebagai areal tecno sains park tepatnya di kawasan PPN (pekan penghijauan nasional) yang sempat dicanangkan Presiden Suharto beberapa puluh tahun lalu. Ini sejalan dengan harapan kami untuk menjadikan wilayah Limboto sebagai kota madinatul ilmi”, tutur Bupati. Disamping itu, penataan wilayah ibu kota Limboto nampaknya tak luput dari target pengembangan.

Kawasan ini akan diupayakan memberi kesan yang menggambarkan Gorontalo sebagai daerah adat bersendikan sara’, sara’ bersendikan kitabullah. “Dari mesjid agung nanti kita akan melihat gedung kantor bupati, ditengahnya ada rumah adat. Insya Allah kita bisa wujudkan hutan kota yang bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat”, ujar Bupati berharap rencana pengembangan wilayah akan beroleh dukungan pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Menilai strategisnya rencana penataan lingkungan oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Sekjen KLH dan Kehutanan Hendroyono nampak memberikan apresiasi. Ia menyatakan akan menunggu usulan (proposal) pembangunan tecno sains park serta desain kawasan ibu kota Kabupaten Gorontalo untuk secepatnya bisa direalisasikan.

Sedangkan dipihak lain, Ketua Komisi VII DPRD-RI Fadel Muhammad menyampaikan pihaknya akan sepenuhnya mendukung upaya Pemkab Gorontalo. Disisi lain, dukungan Sekjen Kementerian LH dan Kehutanan melalui penyerahan bantuan 10 unit motor pengangkut sampah tersebut diharapkan dapat mendorong program-program penciptaan lingkungan yang bersih di Kabupaten Gorontalo. (RG-31)


Jangan Lewatkan

Komentar