oleh

Nelson Tabuh Rebana ‘Buruda’ di Tahun Baru Islam

-Gorontalo, rgol.id-280 Pengunjung

LIMBOTO (RGOL) – Adat Budaya Gorontalo tabuh ‘Rebana Buruda’ kembali lagi bertalu di Mesjid Agung Baiturahman-Limboto, tadi malam (31/8).

Tabuh atau pukul rebana ini dalam rangka memperingati datangnya tahun baru Islam I Muharram 1441 Hijriah. Menariknya dalam tabuh rebana itu, selain para tokoh adat, tampak pula Bupati Nelson Pomalingo turut menabuh rebana dalam ukuran besar.

Tentunya ini merupakan pengalaman tersendiri bagi orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo tersebut, disamping tugas dan aktivitasnya dalam pemerintahan.

Usai kegiatan Bupati Nelson Pomalingo mengatakan kegiatan ini dalam rangka memperingati datangnya tahun baru islam, hari besar kaum
muslimin diseluruh dunia termasuk di Kabuapaten Gorontalo. Apalagi kata Ia, kegiatan ini khususnya di Gorontalo ada tabuh rebana Buruda
yang merupakan adat istiadat budaya Gorontalo.

” Ya, kebudayaan ini merupakan warisan nenek moyang dan harus dijaga. Yakni tabuh Rebana yang lebih dikenal dengan budaya Buruda. ” tukas Bupati.

Peringatan tahun baru islam sendiri, sebelumny diawali dengan dzikir masal oleh masyarakat jemaah mesjid Agung Limboto, hingga jajaran ASN di Kabupaten Gorontalo.

Apa yang disampaikan Bupati Nelson Pomalingo ada benarnya. Apalagi kegiatan tabuh rebana Buruda hanya kadang dilakukan disetiap peringatan tahun baru islam, karena didalamnya tabuh rebana Buruda ini dilakukan oleh para sesepuh adat di Gorontalo. (Qen)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.