oleh

Nilai-nilai Budaya di Masa Lalu Perlu Kembali Dilestarikan, Sekda Gorut : Utamanya Tata Krama

RGOL.ID, GORUT – Seiring perkembangan zaman, nilai-nilai budaya telah tergerus pengaruh budaya luar. Hal ini kemudian menjadi perhatian Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Suleman Lakoro.

Menurutnya, nilai-nilai budaya, saat ini, dipengaruhi kehidupan masa kini yang justru menjadikan adab dan perilaku mengalami perubahan.

Seperti disampaikan saat membuka seminar akhir kajian aspek-aspek adat Gorontalo di Hotel New Rachmat, Selasa (23/08/2022).

Ia mencontohkan sikap seorang murid (siswa) terhadap gurunya di masa lampau dan sekarang.

“Dulu, ketika bertemu gurunya, seorang murid menunjukkan rasa hormat. Tapi, sekarang tidak sedikit murid yang menganggap gurunya sebagai teman tanpa ada batasan sikap dan perilaku,” kata Suleman.

“Tentu ini satu nilai budaya yang tidak menunjukkan adab atau yang tidak sesuai tata krama. Dan memang itu tidak bisa kita bendung, perkembangan ilmu pengetahuan, dengan masuknya budaya-budaya barat,” ujarnya.

Namun demikian, Gorontalo Utara dengan adat yang ada, tentu punya peran memfilter pengaruh budaya asing yang masuk.

“Dan Pancasila sangat krusial untuk tetap menjaga eksistensi kepribadian bangsa yang terkandung nilai-nilai adat dan budaya,” tandas Suleman. (ind-56)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar