oleh

Dino Gobel Apresiasi Spirit NP Majukan Pariwisata Kabgor

RGOL.ID – Gorontalo, Seminar Nasional Pariwisata Kabupaten Gorontalo 04.Menyatukan visi pemerintah daerah dan pelaku usaha pariwista. Diharapkan seminar ini mendorong pengembangan pariwisata di Kabupaten Gorontalo .

Bupati Nelson Pomalingopun memberikan perhatian serius, dengan membentuk tim percepatan pengembangan pariwisata lintas sektor, dengan iconnya Danau Limboto. “ Ini harus menjadi perhatian seluruh OPD.

Nantinya akan dibentuk tim percepatan pengembangan sektor Pariwisata lintas sektor bukan hanya dinas pariwisata saja. Dengan iconnya Danau Limboto yang akan dikoneksikan dengan destinasi wisata lainnya. Serta mengembangan seni dan budaya daerah,’ tukas Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Seminar nasional yang berlangsung di Pentadio Resort Sabtu (21/9) kemarin menghasilkan empat rekomendasi. Yakni.

1. Perlu adanya kolaborasi atau Gorontalo incorporated yang baik secara regional antara pusat dan daerah.

Khususnya antara pemerintah provinsi dan daerah se Provinsi Gorontalo. Khususnya dalam menyusun agenda iven pariwista agar berkesinambungan. Selain membentuk persaudaraan Gorontalo dan Sulawesi utara menjadi jalur utama.

2. Menularkan virus pariwisata ke semua sektor sehignga pariwisata ini bukan hanya tanggung jawab sektor pariwisata.Tapi semua sektor dapat bekerjasama demi memajukan Pariwisata dan memperkuat sumber daya manusia ASN dan siswa/pelajar/mahasiswa.

3.Perlu adanya hastag untuk setiap lokasi pariwisata agar mudah diakses melalui Google serta melakukan berbagai iven di medson terkait dengan sarana wisata lainnya. Seperti lomba status bertemakan pariwista.

4.Perlunya dibentuk tim percepatan lintas sektor (OPD/Pelaku usaha/PERS)

Dino Gobel salah satu pembicara dihadapan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dan pelaku usaha wisata serta stakeholder mengatakan. Pariwisata merupakan salah sektor yang usaha yang banyak merekrut tenaga kerja, serta membuka lapangan kerja.

Sehingga di Sulawesi Utara salah satu provinsi tertinggi yang mengentaskan kemiskinan sudah dua tahun terakhir. “ itu sumbangsi dari sektor pariwisata.

Karena gubernur Sulut Olly Dodokambey sejak terpilih menjadikan pariwista sebagai sektor ledding.

Sehingga itu berbarbagai sarana penunjang seperti, sarana perhubungan. Jalan, bandara, transportasi, perhotelan itu semua digenjot. Dan terbukti Sulut yang dulunya tidak dinggap.

Kini menjadi salah satu daerah yang tingkat kunjungan wisatanya khususnya tiongkok dan eropa, asia cukup tinggi,’ ujar Dino Gobel yangmerupakan staf khusus Gubernur Sulut Bidang Pariwista.Lalu bagaimana dengan Gorontalo ? “ ´ Gorontalo.

Khususnya Kabupaten Gorontalo punya potensi besar didalam mengembangkan pariwisatanya. Karena pemimpin daerahnya dalam hal ini Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo punya kemauan dan semangat memajukan Pariwisata di daerah ini. terbukti dengan adanya Festival Pesona Danau Limboto,’ ujar Dino Gobel.“ Gorontalo strategis.

Untuk mendatangkan turis dari mancanegara,dari Tiongkok,Eropa dan Asia. Karena tidak perlu mendatangkan langsung. Karena Gorontalo sudah dikelilingi turis dari berbagai dunia.

Yang berada berkunjung ke Manado, Papua, Luwuk, Ternate. Dan daerah lainnya untuk dibelokan bisa singgah di Gorontalo,” tukas Dino Gonel yang juga merupakan Leason Kementerian Pariwisata Bidang Pengembangan Pasar Tiongkok.

Kini tinggal bagaimana Gorontalo menyiapkan infrastrukturnya.Serta memadukan potensi wisata alam, dengan berbagai unsur seni dan budaya sehingga menjadi menarik“ Saya optimis Kabupaten Gorontalo punya potensi besar. Apalagi mnelihat spirit bupatinya memajukan sektor pariwisata begitu tinggi.

Dan saya sebagai putra Gorontalo, pasti akan membantu mensukseskan pariwisata disini,’ ujar Dino Gobel.

Seminar nasional itu juga dihadiri langung Asisten deputi Pengembangan Pemasaran Wisata kementrian Pariwista RI Hariyanto. (adv-riel)


Komentar