oleh

Optimalkan Ekonomi Kerakyatan Perempuan

-Perempuan-172 Pengunjung

GORONTALO, PG – Tidak dipungkiri, yang namanya kaum perempuan, banyak dijejali ketrampilan dan kreasi dalam membuat kue atau jajanan khas daerahnya masing-masing.

Namun sayang, karena keterbatasan alat dan prasarana infrastruktur yang dibutuhkannya, kerap usaha yang mereka rintis, terkesan hanya jalan ditempat. Padahal, prospeknya terbilang cemerlang, bila ada campur tangan dan dukungan dari pemerintah dan instansi terkait.

Hal itu tidak dipungkiri oleh para tokoh perempuan di lintas organisasi. “Usaha ketrampilan kaum perempuan dalam ragam kreasi membuat kue, masih banyak tersebar di berbagai belahan desa dan kecamatan se provinsi Gorontalo.

Olehnya, menurut kami, ini merupakan salah satu usaha rakyat, yang harus terus ditopang oleh pemerintah, dalam bentuk menyediakan dan membantu kebutuhan alat-alat pendukung, dan sarana prasarana serta infrastruktur memadai.

Karena, pengalaman kami di lapangan, kerap hal itu yang mereka keluhkan. Hingga usaha mereka sulit untuk berkembang,” ungkap srikandi PAN, Joan Inday Sanabe, di sejumlah kesempatan.

Olehnya, kata Joan lagi,  harus senantiasa dilakukan kontrol dan pengawasan akan perkembangan dan kebutuhan akan pemberdayaan masyarakat pada usaha-usaha merakyat seperti ini.

Dengan nantinya terus berkoordinasi bersama instansi dan lembaga terkait di pemerintahan maupun swasta.

“Karena, menurut mereka, para kelompok perempuan pengrajin ini, banyak inovasi dan kreasi yang bisa mereka ciptakan dalam membuat aneka kue dan jajanan tersebut.

Namun sayang, terkendala dengan peralatan dan sarana prasarana pendukung,” pungkasnya. (ay1)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.