Panwas Jangan Takut, Tindak Tegas Pelanggaran

Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Haslina Said, bersama Ketua KPU Provinsi Gorontalo Mohamad M. Tuli, serta unsur Muspida Gorontalo saat melakukan pemeriksaan barisan kepada Panwas Kabupaten / Kota, Kecamatan dan Desa.
Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Haslina Said, bersama Ketua KPU Provinsi Gorontalo Mohamad M. Tuli, serta unsur Muspida Gorontalo saat melakukan pemeriksaan barisan kepada Panwas Kabupaten / Kota, Kecamatan dan Desa.

RadarGorontalo.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Gorontalo, mengingatkan kepada seluruh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL), untuk terus menjaga independensi serta integritas sebagai penyelenggara.

Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Siti Haslina Said, menjelaskan melalui apel siaga akbar, ditingkatkan pengawasan dalam menghadapi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Boalemo. Saatnya publik tau, bahwa Pengawas Pemilu di Gorontalo siap menghadapi pesta demokrasi 2017 mendatang. Apalagi kata Haslina, mulai Jum’at (27/10) tahapan kampanye sudah dimulai, maka pihaknya berharap agar Panwas baik ditingkat Kabupaten / Kota dan Kecamatan serta sampai ditingkat desa benar-benar melaksanakan fungsi pengawasan.

“Saya berharap agar seluruh Panwas, bisa mengawasi dan berani menindaki, jika ada indikasi pelanggaran dalam tahapan pengawasan,” ujarnya sembari menambahkan, disinilah harga diri sebagai pengawas dipertaruhkan dan paling penting integritas pengawas harus dipertahankan. Dijelaskannya, pengawasan tidak ada artinya, jika Panwas dan PPL dalam proses pengawasan tidak memiliki data dan dokumen yang menjadi pegangan. Karena kesuksesan pengawas itu, disamping sukses dalam pengawasan harus sukses juga hasilnya, sehingga aut pout bisa dipertanggungjawabkan.

Menurut Haslina, mengapa pengawasan itu sangat penting dilakukan, karena disinilah fungsi Panwas sebagai penyelamat bagi sesoorang yang akan melakukan kecurangan. “Pengawas itu merupakan penolong bagi orang yang melakukan pelanggaran. Sebab kehadiran pengawas adalah mengingatkan dan menindaki ketika ada pihak yang melakukan pelanggaran terhadap tahapan itu sendiri,” tegasnya. (rg-60)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.