oleh

Pariwisata Bergairah, IKM Harus Manfaatkan Peluang

Idah Syahidah, SH

==Idah Syahidah Habibie==

RadarGorontalo.com - Kehadiran Bandara Jalaluddin yang baru-baru ini diresmikan menjadi salah satu nilai poin yang dimiliki Provinsi Gorontalo yang bisa membawa angin segar bagi pertumbuhan ekonomi dan budaya serta pariwisata. Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Habibie menjelaskan, pariwisata merupakan salah satu sektor yang bisa menggenjot pembangunan dan perekonomian suatu daerah. Provinsi Gorontalo memiliki banyak potensi wisata yang tersebar di lima kabupaten dan satu kota. Sadar wisata yang selama ini selalu digaungkan oleh pemerintah harus tertanam dibenak masyarakat karena sadar wisata merupakan partisipasi dukungan masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh berkembangya kegiatan kepariwisataan di suatu daerah/wilayah

Kata Idah, keberadaan para pengusaha (industri, kecil dan menengah) IKM dalam menawarkan produk hasil kerajinan maupun olahan asli Gorontalo kepada para wisatawan perlu peningkatan baik itu dari segi mutu dan kualitas produk yang dihasilkan. Para pengusaha IKM haruslah bisa lebih kreatif dan berinovasi lagi dalam memproduksi barang yang akan dijual kepada para wisatawan. “ Pemerintah Provinsi Gorontalo saat ini terus mengembangkan sektor pariwisata, kemunculan ikan hiu paus di kabupaten Bone Bolango menjadi penambah daya tarik para wisatawan baik yang datang dari dalam maupun luar Gorontalo, dan ini terbukti dengan banyaknya wisatawan yang ingin melihat secara langsung ikan paus tersebut dan yang paling membanggakan lagi pesona ikan hiu paus tersebut dijadikan sebagai lokasi shooting salah satu produk energi drink yang terkenal di Indonesia, ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kita masyarakat Provinsi Gorontalo,”ungkap Idah.

Idah menuturkan, dengan makin bertambahnya destinasi wisata yang ada di Gorontalo maka ini menjadi satu kesempatan bagi para IKM untuk lebih memperbaiki kualitas produk dan mengembangkan dengan memperbanyak inovasi-inovasi sehingga mampu bersaing dengan produk-produk dari luar yang masuk ke Gorontalo. Untuk itu Idah berharap pula kepada para pelaku IKM yang ada di provinsi Gorontalo agar dapat memanfaatkan peluang usaha yang ada terlebih dengan telah diresmikannya Bandara Jalaludin baru menjadikan Gorontalo sebagai salah satu portal destinasi wisata yang handal di masa-masa yang akan datang. (RG-25)


Jangan Lewatkan

Komentar