oleh

Parpol Harus Fokus Kerja Kerja, Jika Tidak Ingin ‘Lenyap’ di 2024

-Politik-436 Pengunjung

GORONTALO (RGOL.ID)—Pengamat politik Gorontalo Prof DR Rauf Hattu menilai. 2024 merupakan star awal bagi partai politik, dan kalangan politisi yang akan terjun di legislative dan top eksekutif, apakah itu tingkat kabupaten kota dan provinsi, hingga pusat.

Sehingga itu, pengaruh (suara) dan kekuatan politik (legislative) saat ini tidak bisa dijadikan dasar untuk berkoalisi di 2024.

2024 itu seluruh partai politik, caleg, cakada semuanya bertarung dari nol. Semuanya digaris star yang sama.

Kekuatan politik partai, dilegislatif saat ini,tidak bisa dijadikan ukuran untuk berkoalisi di 2024. Karena bisa saja partai A misalnya yang mayoritas suara dilegislatif, baik daerah dan DPR-RI saat ini, belum ada jaminan di 2024 akan memperoleh suara seperti sekarang.

Bisa saja turun, dan ada partai yang saat ini kecil suaranya, 2024 menjadi besar,atau bisa saja lenyap tidak bisa ikut pileg,pilkada tau pilres ’ kata Rauf Hattu.

Sehingga katanya, yang terpenting saat ini adalah, bagaimana pimpinan partai politik focus pada kerja kerja partai untuk menjaga suaranya tetap dan meningkat di 2024. Apa yang harus dilakukan pimpinan partai agar tidak kehilangan suara di 2024 ? .

1. Adalah menjaga citra partai lewat kerja kerja yang nyata .

2. merekrut kader kader partai yang memang berkualitas. Artinya kader yang benar benar punya karakter,dan mau bekerja untuk rakyat lewat partai politik.

  1. Demikian halnya dengan kepala daerah. Kepala daerah yang akan mengakhiri masa jabatannya atau belum. Harus benar benar membuktikan programnya itu berpihak ke rakyat dan rakyat merasakan dan percaya ia layak dipilih lagi di 2024. ‘ jangan sampai rakyat kecewa dan merasa di bohongi dengan tidak terealisasinya janji janji politik waktu lalu. Ini bisa berakibat fatal di 2024,’ tegas akademisi UNG ini.Jadi saat ini kata Rauf Hattu,belum saatnya bicara koalisi partai. Tapi sesungguhnya saat ini waktunya pimpinan partai, baik di pusat dan daerah membenahi kerja kerja partai. Dan saya kira masih ada waktu 1-2 tahun ke depan untuk membenahi struktur dan program partai. Bagi Rauf Hattu, ini menjadi sangat vital bagi partai politik untuk mempersiapkan diri. Karena 2024 itu adalah awal mula pertarungan. “ Berkuasanya, atau besar kecilnya satu partai politik. Sangat ditentukan kerja kerja politik hari ini sampe 2 tahun ke depan,’ tegasnya.
    Ia juga menganalisa. Agenda politik di 2024 sangatlah tidak mudah. Karena rakyat (konstituen) akan bertindak menjadi juri yang akan menilai kerja kerja partai politik, figure dari tokoh politik disodorkan oleh parpol. “ jadi saran saya, parpol tidak terjebak pada pada retorika koalisi. Tapi focus mempertahankan /meningkatn suara partai dan kursi dilegislatif di 2024 nanti. “ Percuma bicara koalisi sekarang. Tapi 2024 parpol tidak mendapatkan dukungan rakyat maksimal,’ ujarnya. (riel/rg)

Komentar