oleh

Pascasarjana UNG Hadirkan Guru Besar Administrasi Publik Universitas Brawijaya Beri Kuliah Pakar

RGOL.ID – Program Doktoral Administrasi Publik Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo mendatangkan Guru Besar Administrasi Publik dari Universitas Brawijaya Malang Prof. Dr. Bambang Supriyono, MS untuk memberi Kuliah Pakar dengan Tema Perkembangan Teori Administrasi Publik Dan Digital Governance yang berlangsung secara Luring di Gedung Pascasarjana dan sebagian mahasiswa mengikuti secara Daring (24/6/2022).

Kaprodi S3 Administrasi Publik Dr. Yanti Aneta, M. Si dalam pengantarnya menyampaikan selamat datang di Gorontalo Prof Bambang, terima kasih atas kesediaan menghadiri undangan kami,” ucapnya.

Lanjut Dr. Yanti Aneta menyampaikan adapun peserta kuliah pakar yaitu mahasiswa S1, S2 dan S3 Administrasi Publik, Alhamdulillah Prof Bambang jauh – jauh dari Malang datang ke Gorontalo untuk berbagi ilmu, saya harap peserta bisa menyimak dengan baik,” tutupnya.

Direktur Pascasarjana UNG Prof. Dr. Asna Aneta, M. Si dalam sambutannya menyampaikan Alhamdulillah pada malam hari ini, kita semua bisa bersilaturrahim dengan Prof. Bambang Supriyono, beliau adalah Guru Besar Administrasi Publik Universitas Brawijaya yang juga mantan Dekan dua periode. Beliau 2015 pernah kami undang ke Gorontalo untuk memberi kuliah pada angkatan perdana program Doktoral, dan tujuh tahun kemudian 2022 bisa datang lagi ke Gorontalo untuk memberi pencerahan Teori Administrasi Publik kepada kita semua.

Alhamdulillah di UNG Administrasi Publik sudah ada dari jenjang S1, S2 dan S3 dimulai dari Prodi S2 baru S1 dan menyusul 2015 S3, ini semua karena kolaborasi dengan perguruan tinggi di Jawa.

Dosen Administrasi Publik di UNG sudah memiliki 2 Guru Besar, 12 orang Doktor, semoga dengan Sumber Daya Dosen ini Administrasi Publik bisa menjadi Fakultas Pertama di Indonesia Timur dan Fakultas ketiga setelah Universitas Indonesia dan Universitas Brawijaya, Mohon dukungan dari Prof. Bambang,” ucapnya.

Terima kasih atas kesediaan Prof. Bambang hadir dalam berbagi ilmu, semoga kita semua bisa mendapatkan ilmu dari beliau,” tutupnya.

Prof. Bambang Supriyono, MS dalam pemaparan materi menyampaikan sejarah perkembangan Teori Administrasi dan penamaan kata Administrasi untuk pertama kalinya.

Dalam Ilmu Administrasi sebagai Ilmu terapan ada Nilai – Nilai Administrasi Publik di Legislatif yaitu nilai demokrasi, di Eksekutif nilai manajerial dan Yudikatif nilai Justice atau keadilan,” ucapnya.

Lanjut Prof. Bambang Menjelaskan inti dari sebuah pelayanan publik yaitu Serving, Preparing, managing, and Providing, itu semua harus ada dalam hati dan tindakan kita semua jika berada dalam posisi sebagai pelayan publik.

Terakhir Prof. Bambang menjelaskan Perkembangan Paradigma Administrasi Publik dan perkembangan tata aturan Pemerintahan termasuk menjelaskan Digital Governance,” Digital Governance adalah Sistem Pemerintahan yang tata pengelolaannya dengan mengandalkan Media Digital ,” tutupnya.(jay)


Jangan Lewatkan

Komentar