oleh

PDAM Kota Bangun SIMPEG

-Gorontalo-196 Pengunjung

RGOL.ID (Gorontalo) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Gorontalo benar-benar ingin menjadi perusahaan air minum terbaik. Jika di tahun 2019 ini, PDAM Kota Gorontalo mampu merebut 3 penghargaan sekaligus, karena dinilai salah satu perusahaan yang sehat, maka di tahun 2020 nanti, PDAM Kota Gorontalo akan kembali membuat terobosan baru, yakni membangun aplikasi Sistem Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) yang tujuannya untuk meningkatkan pengawasan dan penataan Sumber Daya Manusia.

Mengadapi penerapan SIMPEG ini, maka PDAM Kota Gorontalo mulai mendidikan karyawan-karyawannya yang akan mengoperasikan SIMPEG tersebut. Selama tiga hari sejak tanggal 15 hingga 17 Oktober 2019, Bimbiangan Teknis (Bimtek) yang dibuka oleh Direktur PDAM Kota Gorontalo Isman Darise.

“SIMPEG ini sangat penting, makanya kita mulai mendidik orang-orang yang akan mengoperasikannya,” ujarnya. Isman menambahkan, SIMPEG ini sebagai upaya mengatur sumber daya yang ada serta mendukung visi Walikota Gorontalo Smart City dibidang IT.

Isman menegaskan, SIMPEG ini dibangun untuk menjawab tantangan di era digital 4.0.

Sistem ini merupakan kelanjutan dari beberapa sistem aplikasi yang sudah dibangun PDAM sebelumnya, seperti Geographic Information System (GIS) untuk mengolah penataan jaringan dan pelanggan, Billing System yang digunakan untuk pembayaran, begitu juga pada baca meter dan sistem akuntansi pembukuan juga sudah menggunakan sistem aplikasi.

Bukan itu saja, sistem pembayaran air pun telah dibuat online dengan menggandeng beberapa vendor perbankan dan PPOB. Untuk kedepan nanti PDAM akan membangun aplikasi pelayanan pelanggan, gangguan, pasang baru secara online dengan tujuan untuk lebih mempermudah pelanggan.

Sementara itu, untuk melatih operator SIMPEG ini, PDAM Kota Gorontalo menggandeng TIZA Solution, dimana operator kepegawaian yang menjadi peserta Bimtek didampingi beberapa tenaga pendamping yang akan membackup penginputan data dan dokumen.

Aplikasi SIMPEG ini memiliki keunggulan untuk menata hak dan kewajiban pegawai secara baik, sehingga perusahaan bisa mengawasi kinerja seluruh pegawai, sehingga nantinya bisa lebih meningkatkan pendapatan dan kinerja perusahaan. (wal-46)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.