oleh

Pelatihan Pengolahan Lingkungan Hidup Berkelanjutan

RGOL.ID (Gorontalo) – Ketua Tim Pengerak PKK Kota Gorontalo Jusmiati Taha Kiayi Demak, membuka dengan resmi acara pelatihan pengolahan pangan lingkungan hidup berkelanjutan, yang dihadiri oleh pengurus TP.PKK Kota Gorontalo dan Ketua-ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan se kota Gorontalo, serta Panitia pelaksana berlangsung di Gedung Banthayo Lo Yiladia, Jumat (18/10) kemarin.

Pengolahan lingkungan hidup bertujuan untuk, mempertahankan daya dukung lingkungan sebagai penyedia sumber daya bagi kehidupan masyarakat.

lingkungan hidup adalah seluruh benda dan daya serta keadaan, termasuk manusia dan segala tingkah perbuatannya yang berada dalam ruang dimana manusia berada dan mempengaruhi suatu kelangsungan hidup.

” Manusia sebaiknya mengusahakan perlindungan dan pengelolaan terhadap lingkungan agar terwujud lingkungan hidup yang baik dan sehat, lingkungan yang sehat merupakan hak asasi dan hak konstitusional bagi setiap warga negara,” ungkap Jusmiati

Dalam menciptakan Kota bersih, aman, dan nyaman perlu kita melaksanakan terobosan inovasi seperti memanfaatkan pekarangan yang teratur,indah dan lestari dan pengembangan lorong Garden,”program lorong garden ini dimaksudkan unutk memperbaiki kondisi lorong-lorong, minimal di setiap kelurahan memiliki satu garden.

Yang tadinya lorong yang kumuh, yang jijik orang untuk melewatinya kini, dengan adanya perbaikan yang ada disistem PKK, masyarakat dan kepedulian menjadikan lorong itu menjadi lorong yang asri, sejuk dan indah serta nyaman untuk orang melewatinya,” ujarnya

Jusmiati menambahkan, artinya untuk menghimbau kepada masyarakat agar menggunakan lahan-lahan yang ada atau pekarangan rumah, walaupun tidak seberapa luas akan tetapi masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik, dengan cara menanam tanaman jahe,lengkuas,serei, dan lain-lain.

Jusmiati berharap ditahun 2020 masing-masing kelurahan minimal memiliki satu lorong garden yang dikembangkan. Ini menjadi tanggung jawab pokja III masing-masing kelurahan dan kecamatan.(tr10)

Komentar