oleh

Pelayanan Adminduk Ditutup Sementara, Begini Penjelasan Kadis Dukcapil Gorut

RGOL.ID, GORONTALO – Kurang lebih sudah sepekan terakhir ini, pelayanan pengurusan dokumen administrasi kependudukan (Adminduk) di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Pemkab Gorut) ditutup sementara waktu.

Berdasarkan pantauan di lapangan, seiring ditutupnya pelayanan, kantor yang merupakan sentra pelayanan kemasyarakatan di bidang kependudukan dan catatan sipil itu juga ikut ditutup.

Di depan pintu masuk bahkan telah ditempel pengumuman yang intinya menjelaskan pelayanan dokumen kependudukan di kantor tersebut ditutup sementara waktu dan belum ditentukan batas waktunya.

Dalam lanjutan pengumuman itu, dijelaskan bahwa ditutupnya pelayanan, karena pihak Disdukcapil masih menunggu sampai dengan Tanda Tangan Elektronik (TTE) disetujui BSrE (Balai Sertifikasi Elektronik) oleh BSSN (Badan Sertifikasi Sandi Negara) sehubungan dengan adanya kepala dinas yang baru dilantik.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadis Dukcapil) Gorut Sarce Kandouw ketika ditemui di ruang kerjanya mengaku, di samping masih menunggu TTE disetujui, ditutupnya pelayanan dokumen kependudukan dan catatan sipil ini dikarenakan pihaknya masih menunggu rekomendasi dari pihak Kemendagri.

“Kan kalau Capil itu, di samping SK pelantikan bupati, juga dikuatkan dengan rekomendasi Pak Dirjen Dukcapil,” ungkap Sarce.

“Jadi, memang yang berjalan sekarang baru perekaman E-KTP. Sedangkan pelayanan lain masih ditutup sambil menunggu TTE,” sambungnya memaparkan.

Diungkapkan Sarce, terkait dengan hal tersebut, sejak akhir pekan kemarin, Pemkab Gorut, terdiri atas pihak BKPP didampingi Asisten 3 Setda Gorut Suleman Lakoro melakukan kunjungan ke Kemendagri mengurus percepatan TTE, termasuk administrasi yang lain.

“Intinya kita tidak bermaksud menunda pelayanan, karena bagaimana pun Capil ini sangat sentra dalam pelayanan kependudukan,” pungkasnya. (ind)

Komentar