oleh

Pemda Bone Bolango Dukung Pembentukan Kabupaten Bone Pesisir

-Bone Bolango-366 Pengunjung

BUPATI Hamim Pou di dampingi Wakil Bupati Merlan S. Uloli dan Ketua DPRD Halid Tangahu menandatangani persetujuan pembentukan Kabupaten Bone Pesisir. (F.AKP/Diskominfo)

GORONTALO (RGOL.ID) – Bupati Bone Bolango Hamim Pou dan DPRD Bone Bolango (Bonebol) menyatakan mendukung sepenuhnya pembentukan Kabupaten Bone Pesisir.

Hal ini diutarakan Bupati Bone Bolango Hamim Pou pada peresmian Sekretariat serta penyerahan Surat Keputusan (SK) Bupati Bone Bolango dan rekomendasi DPRD Bone Bolango atas persetujuan pembentukan Kabupaten Bone Pesisir, di Sekretariat Komite Pembentukan Kabupaten Bone Pesisir, di Desa Tolotio, Kecamatan Bonepantai, Sabtu (3/4/2021). 

Didampingi Wakil Bupati Merlan S. Uloli, Ketua DPRD Halid Tangahu,  Ketua TP. PKK Lolly Pou Junus, dan sejumlah anggota DPRD Bone Bolango Dapil Bone Pesisir, Bupati Hamim Pou mengatakan pembentukan Kabupaten Bone Pesisir ini tentu ada tahapan-tahapannya.

Setelah ini masih banyak tahapan yang kita akan dilalui, masih ke DPRD Provinsi dan Gubernur Gorontalo. Selanjutnya ke Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah, Kemendagri, KemenPANRB, DPD RI, DPR RI, Wapres sampai di tangan Presiden.

Tapi ini sudah menjadi pondasi yang baik, apalagi ini sudah pernah diwacanakan, namun hingga saat ini pembentukan Kabupaten Bone Pesisir ini tidak kunjung jadi. “Mudah-mudahan dengan koordinasi yang baik, pemerintah daerah menyetujui dan merekomendasi, ini akan mempermudah jalan kita untuk melahirkan satu kabupaten yang namanya adalah Kabupaten Bone Pesisir,” ujarnya.

Hamim menyarankan saat ini kita tidak perlu dulu memperdebatkan dimana ibu kotanya dan dimana batasnya. Sementara kita tahu bersama hingga saat ini masih moratorium pemekaran.

Tapi dengan pengaruh-pengaruh politik yang kita bisa mainkan mudah-mudahan ini bisa mempercepat pemekaran Kabupaten Bone Pesisir. Hamim mengungkapkan kita banyak tokoh-tokoh penting di Jakarta, di level nasional yang bisa mendorong ini. Tapi sekali lagi pondasinya harus kuat, alasan-alasan logis yang memang memberi kekuatan bahwa ini memang layak untuk menjadi satu kabupaten.

Kalau kita mau berdebat soal PAD belum ada PAD, yang baru ada itu baru potensi PAD “jadi semata-mata kita dukung pembentukan Kabupaten Bone Pesisir ini untuk kesejahteraan masyarakat di wilayah Bone Pesisir, kalau ini terbentuk tetap kita semua bersaudara, Bone Bolango dan Bone Pesisir bersaudara, tidak ada perbedaan di antara kita,” ungkap Hamim.

Olehnya, Bupati Hamim Pou berharap kehadiran Sekretariat Komite Pembentukan Kabupaten Bone Pesisir ini, makin memperlancar seluruh urusan-urusan yang terkait dengan pembentukan Kabupaten Bone Pesisir. Bupati juga berharap kepada Ketua Komite Pembentukan Kabupaten Bone Pesisir Dr. Ridwan Tohopi agar bisa menjaga dan merawat betul kekompakan tim.

”Memang kalau ada gejolak itu dinamika, dan dinamika itu pasti dimana pun bisa terjadi selalu ada pro dan kontra. Tapi yang paling penting adalah mengelola dinamika tersebut dengan tujuan menyehatkan dan positif untuk kita semua,” tukas Hamim.

Hamim pun berdoa mudah-mudahan dalam beberapa tahun yang akan datang akan lahir Kabupaten Bone Pesisir. Sebagai dukungan pemerintah daerah juga, tahun ini kami sudah menganggarkan pembangunan Auditorium Bone Pesisir di Kecamatan Bonepantai.

“Anggarannya sudah ada, saya minta di bangun di tepian pantai atau di perbukitan tepian pantai. Saya harapkan sambil menunggu terbentuknya kabupaten ini, maka gedung maupun Auditorium ini akan kita fungsikan sebagai Mal Pelayanan Publik (MPP) di wilayah Bone Pesisir,”terang Hamim.

Ia mengatakan dengan hadirnya MPP di Bone Pesisir, maka warga di wilayah itu tidak perlu datang ke MPP di Suwawa atau MPP Bone Bolango di kompleks Kantor Bupati Bone Bolango.”Jadi akan ada dua MPP di Bone Bolango, ada di Suwawa di MPP Bone Pesisir. Tentu semua layanannya berbasis digital karena sekarang sudah berbasis IT,” tutup Hamim. (awal-46)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.