oleh

Pemda Bonebol Targetkan Bulan Juni 2021 Vaksinasi Lansia Capai 70 Persen

-Bone Bolango-165 Pengunjung

RGOL.ID, GORONTALO – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Pemkab Bonebol) menargetkan dua minggu kedepan maupun tanggal 15 Juni 2021 progres maupun cakupan vaksinasi Covid-19, khususnya bagi lanjut usia (Lansia) di seluruh kecamatan se Kabupaten Bone Bolango bisa mencapai 70 persen.

Wakil Bupati Bone Bolango, Dr. Merlan S. Uloli pun meminta kepada pihak yang terkait dalam urusan pelaksanaan vaksinasi Covi1-19 bagi lansia ini agar dua minggu kedepan progresnya harus sudah terealisasi.

Karena diakui Wabup, target vaksinasi bagi aparat pelayanan publik dan lansia di semua kelurahan dan desa itu presentasenya masih sangat rendah, makanya hari ini kami panggil semua Camat se-Bone Bolango dan Dinas Kesehatan, termasuk dari Satgas Covid-19 dan BPBD.

“progres pelaksanaan vaksinasi, khususnya bagi lansia harus kelihatan dalam dua minggu kedepan,” tegas Merlan Uloli saat memantau proses vaksinasi bagi Lansia. Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bone Bolango, dr. Meyrin Kadir menambahkan pihaknya akan terus memacu pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 agar bisa mencapai target.

Ia mengatakan untuk pelaksanaan vaksinasi di Bone Bolango sendiri itu masih difokuskan kepada tenaga kesehatan, ASN pelayanan publik, dan lansia. ”untuk sekarang ini sasaran pelaksanaan vaksinasi itu masih tiga, yakni Nakes, pegawai pelayanan publik, dengan lansia,” kata Meyrin dan menjelaskan untuk vaksinasi Nakes sendiri, jelas Meyrin, saat ini sudah mencapai 96%, untuk pelayanan publik sudah hampir 100%.

Sedangkan untuk lansia yang paling sedikit baru sekitar 2% dari sasaran 5.000 orang lansia. Ia pun berharap untuk vaksinasi kepada para lansia ini bisa mencapai target. Karena bisa saja ada saja lansia yang tidak memenuhi syarat untuk divaksin. Akan tetapi kami berharap kalau tidak sampai 100% yang bisa divaksin paling tidak kita bisa mencapai 70%.

Olehnya itu, lanjut Meyrin, ke depan pelaksanaan vaksinasi ini agar bisa cepat selesai dan mencapai target, pihaknya akan turun langsung ke lapangan. “kita berupaya akan menjemput bola. Artinya selama ini pelayanan vaksin itu hanya di Puskesmas dan Rumah Sakit. Jadi kita akan bekerja sama dengan camat – camat akan menjadwalkan vaksin ke desa-desa,” tandas Meyrin.

Ditambahkan pula, setelah selesai melakukan vaksinasi kepada tiga sasaran, yaitu Nakes, ASN pelayanan publik, dan lansia, maka selanjutnya akan dilanjutkan kepada masyarakat umum sampai akhir tahun 2021 nanti. (awl)


Komentar