oleh

Pemerintah dan Sejumlah Lembaga Berkomitmen Ciptakan Pemilu 2024 yang Kondusif

Gorontalo (RGOL.ID) – Sejumlah lembaga di Provinsi Gorontalo mengikrarkan janji dan komitmen menjaga keamanan, ketertiban dan kedamaian pada masa pemilihan umum, Rabu (15/6/2022). Lembaga tersebut adalah pemerintahan, Forkopimda, KPU, Bawaslu, Kelompok Cipayung plus, mahasiswa dan siswa.

Janji dan komitmen itu antara lain bersepakat menjadi garda terdepan mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kedamaian dalam setiap tahapan pemilu, mewujudkan harmonisasi kehidupan masyarakat baik dalam kehidupan beragama, politik, ekonomi, sosial dan budaya, sebelum selama, dan sesudah pemilihan umum 2024.

Selain itu juga tunduk dan patuh kepada peraturan pelaksanaan tahapan Pemilu, menyelesaikan masalah sesuai peraturan serta menghindari kekerasan, intimidasi, provokasi serta radikalisme selama tahapan pemilu, dan duduk bersama dan bermusyawarah dalam menyelesaikan permasalahan demi keberhasilan pemilihan umum.

pemerintahan, Forkopimda, KPU, Bawaslu, Kelompok Cipayung plus, mahasiswa dan siswa,mengikrarkan janji dan komitmen menjaga keamanan, ketertiban dan kedamaian pada masa pemilihan umum

Lima butir komitmen ini ditandatangani oleh Forkopimda sebagai Pemerintah, KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara Pemilu, para ketua Kelompok Cipayung plus sebagai inisiator dan siswa sebagai perwakilan peserta.

“Hari ini kami bahagia sekali melihat acara ini, ini merupakan hasil komunikasi yang baik dengan adik-adik Cipayung Plus,” kata M Ali Imran Bali Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Gorontalo.

M Ali Imran Bali  menjelaskan Penjabat Gubernur telah meminta agar Kelompok Cipayung untuk menciptakan kondisi masyarakat yang kondusif mengurangi aksi lapangan, dan meminta masukan atau solusi kepemerintahan terkait dengan pembangunan

“Kami memberikan tantangan kepada mereka dalam tèmpo dua hari, mereka menerima tantangan kami dan hari ini kami mengapresiasi,” tutur M Ali Imran Bali.

Dari hasil pertemuan dengan kelompok ini M Ali Imran Bali memaparkan bahwa mereka akan membentuk sekolah demokrasi Cipayung dan melakukan kerja sama dengan Badan Kesbangpol Provinsi Gorontalo.  Mereka berkesempatan membentuk tim pemantau Pemilu untuk menjaga stabilitas di daerah dan menyukseskan Pemilu 2024.

Dalam pertemuan ini Penjabat Gubernur Gorontalo yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan OLahraga (Dikbudpora) Wahyudin A Katili mengapresiasi kegiatan ini yang menurutnya begitu bermakna.

“Kami mengapresiasi diskusi terpumpun demokrasi dengan tema mengawal demokrasi untuk Indonesia maju, kegiatan ini penting sebagai ikhtiar dalam memantapkan kehidupan politik di daerah,” ujar Wahyudin Katili.

Menurutnya pada 2024 semua warga akan melaksanakan agenda demokrasi terbesar untuk pertama kali sepanjang sejarah berdirinya bangsa Indonesia, pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, DPRD provinsi, kabupaten/kota serta pemilihan kepala dan wakil kepala daerah akan dilaksanakan di tahun yang sama.

Hal ini membutuhkan energi yang besar dan biaya yang tidak sedikit serta dukungan dari semua pemangku kepentingan untuk bersama sama menyukseskan Pemilu dan Pilkada serentak 2024. (RG-25/*)


Jangan Lewatkan

Komentar