oleh

Pemerintah Diminta Intens Sosialisasikan Vaksin Covid-19

-Boalemo-110 Pengunjung

RGOL.ID, GORONTALO – Upaya pemerintah dalam memerangi Covid-19 harus secara intens dilakukan sosialisasi.

Anggota DPRD Kabupaten Boalemo dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Wahyu Moridu mengingatkan pemerintah soal pentingnya mengedukasi masyarakat tentang upaya memerangi Covid-19.

Menurutnya, banyak masyarakat yang mempertanyakannya dan membutuhkan informasi resmi yang dikeluarkan pemerintah, termasuk keberadaan vaksin. “masyarakat perlu mengetahui apa itu vaksinasi, agar tidak menimbulkan kesalahpahaman informasi,” kata Wahyu, Jumat (6/11/2020).

Salah satu hal yang diutarakan Wahyu dan harus disosialisasikan kepada masyarakat, bahwa vaksin adalah produk atau zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia yang akan menstimulasi sistem kekebalan tubuh atau imunitas.

Selain itu, pemerintah juga harus meyakinkan kepada masyarakat bahwa vaksin akan menjadi anti virus yang akan membantu manusia agar tidak terpapar Covid-19.

Apalagi kata Wahyu, sekarang ini sudah banyak kandidat vaksin sebagai yang disampaikan pemerintah pusat, seperti Sinovac, Sinopharm, Kansino, Astra Zeneca dan Genexine.

Namun kata Wahyu, sebelum vaksin-vaksin itu lulus uji klinis dan diproduksi secara massal, ada baiknya sekarang-sekarang ini pemerintah sudah intens mensosialisasikan manfaat vaksin itu.

Wahyu juga menghimbau sebelum datangnya vaksin-vaksi ini, maka satu-satunya vaksin terbaik bagi masyarakat saat ini adalah menerapkan protokol kesehatan, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Penerapan protokol kesehatan ini memberikan kontibusi dalam menurunkan risiko penularan Covid-1 hingga 80 %. “kerjasama antar elemen masyarakat sangat dibutuhkan dalam upaya pengendalian Covid-19,” tuturnya. (awl)


Komentar