oleh

Pemerintah Dukung Program Langit Biru Pertamina di Gorontalo

-Ekonomi-318 Pengunjung

Gorontalo (rgol.id) – Sebagai upaya mendukung pemerintah dalam mengendalikan pencemaran udara, Pertamina berencana menghadirkan program Langit Biru di Kota dan Kabupaten Gorontalo dimulai pada 14 Maret 2021.

Program Langit Biru merupakan program promosi BBM Jenis Pertalite dengan harga setara harga BBM Jenis Premium yang bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada masyarakat khususnya segmen tertentu untuk dapat merasakan manfaat penggunaan BBM berkualitas.

Dalam audiensi yang dilakukan oleh Sales Area Manager Pertamina Sulawesi Utara dan Gorontalo, Fachrizal Imaduddin pada bulan Februari lalu kepada Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie dan Walikota Gorontalo, Marten Taha, pemerintah Gorontalo menyambut baik dan mendukung Program Langit Biru tersebut.

Melalui surat Gubernur atas dukungan Program Langit Biru di Provinsi Gorontalo, Pemerintah Provinsi Gorontalo menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pertamina dan memberikan dukungan atas penyelenggaraan Program Langit Biru di Provinsi Gorontalo sebagai bentuk upaya pengendalian pencemaran udara.

Dalam surat tersebut, Pemerintah Provinsi Gorontalo berharap agar program langit biru ini dapat dinikmati seluruh masyarakat Provinsi Gorontalo, khususnya bagi pengguna kendaraan roda 2, roda 3 dan angkutan umum dalam rangka mengurangi polusi udara serta pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

Senada dengan dukungan yang disampaikan oleh Gubernur Provinsi Gorontalo, Walikota Gorontalo mendukung pelaksanaan Program Langit Biru tersebut. Dalam surat walikota atas dukungan pelaksanaan Program Langit Biru, diharapkan program ini dapat membantu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas udara dan lingkungan di Kota Gorontalo.
Sementara itu, Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan melalui Program Langit Biru, pihaknya terus mendorong upaya penggunaan BBM ramah lingkungan sebagai upaya untuk mewujudkan lingkungan dengan udara bersih dan sehat.

“Kami terus mendorong masyarakat untuk dapat menggunakan BBM berkualitas. Dimana Pertamina sendiri telah menyediakan berbagai jenis produk BBM berkualitas untuk kendaraan berbahan bakar bensin seperti Pertalite dengan oktan 90, Pertamax dengan oktan 92 dan Pertamax Turbo dengan oktan 98,” imbuhnya.

Melalui Program Langit Biru, Laode pun mengharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan BBM berkualitas terus meningkat.

“Nantinya segmen roda 2, roda 3, angkutan umum dan taksi plat kuning akan mendapatkan pengalaman menggunakan BBM berkualitas jenis Pertalite dengan harga Premium, tentunya bagi beberapa dari pengguna kendaraan pada segmen tersebut yang sebelumnya menggunakan Premium tentu akan merasakan manfaat lebih saat menggunakan Pertalite,” tambahnya.

Program Langit Biru yang digagas Pertamina di Gorontalo ini salah satunya merupakan bentuk apresiasi kepada masyarakat Gorontalo yang sudah sadar menggunakan BBM Berkualitas.

“Konsumsi BBM Premium di Kota Gorontalo saat ini sekitar 39%, Pertalite 57% dan diikuti Pertamax 4%. Data ini menunjukkan trend bahwa masyarakat Kota Gorontalo sudah mulai beralih ke BBM Berkualitas yang lebih ramah lingkungan,” ungkapnya.

Laode pun mengajak masyarakat untuk bijak dalam memilih BBM sesuai spesifikasi kendaraan, dimana apabila masyarakat menggunakan BBM sesuai spesifikasi kendaraan akan membantu menekan polusi udara dari sisi meminimalisir emisi gas buang kendaraan bermotor yang dihasilkan karena pembakaran mesin jauh lebih baik.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dari pemerintah, seluruh stakeholder terkait dan masyarakat karena apa yang kita inisiasi ini memang fakta yang dibutuhkan oleh masyarakat. Diharapkan melalui program ini, masyarakat mendapatkan banyak manfaat dari penggunaan BBM berkualitas dan bersama-sama dengan pemerintah dapat mewujudkan Gorontalo yang ramah lingkungan dengan udara bersih dan sehat,” pungkasnya. (my/pr)


Komentar