oleh

Pemerintah Gelar Aksi Bersih-bersih di Lokasi Wisata

GORONTALO (RadarGorontalo.com) – Kebersihan dan kenyamanan suatu obyek wisata menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam upaya menarik minat para wistawan untuk berkunjung ke satu destinasi wisata. “Satu obyek wisata selain indah, juga harus memenuhi beberapa syarat untuk bisa menarik minat para wisatawan, termasuk faktor kebersihan dan kenyamanan lingkungan sekitar obyek wisata tersebut,” kata Wagub Idris Rahim saat mencanangkan aksi Sapta Pesona dan aksi bersih obyek wisata yang digelar di taman purbakala Benteng Otanaha Kota Gorontalo, Jumat (13/5).

Wagub menilai dari segi aksesibilitasnya, letak Benteng Otanaha sangat strategis dan mudah dijangkau. Seharusnya, lanjut Idris, kemudahan itu bisa dimaksimalkan dan dimanfaatkan dengan baik untuk menarik para wisatawan berkunjung ke Benteng Otanaha. “Itulah yang menjadi tantangan kita bersama,” tegasnya. Kedepan, Idris berharap pembenahan Benteng Otanaha melalui aksi Sapta Pesona dan aksi bersih yang melibatkan aparatur Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Kota Gorontalo bersama seluruh masyarakat, bisa menjadikan Benteng Otanaha satu destinasi wisata yang menjadi tujuan wisata baik untuk masyarakat Gorontalo sendiri maupun wisatawan dari luar daerah dan mancanegara.

“Saya berharap pada saat liburan, masyarakat Gorontalo tidak lagi menghabiskan liburannya diluar daerah, tetapi berbondong-bondong ke obyek-obyek wisata yang ada di daerah ini, termasuk ke Benteng Otanaha ini,” ungkap Idris.

Sementara itu Kadis Perhubungan, Pariwisata dan Kominfo Provinsi Gorontalo, Jamal Nganro, menjelaskan, pelaksanaan aksi Sapta Pesona dan aksi bersih obyek wisata merupakan persiapan awal dalam rangka menyongsong Festival Otanaha yang masuk dalam kalender wisata nasional. Selain itu, juga untuk menumbuhkan semangat kebersamaan masyarakat khususnya yang ada di sekitar Benteng Otanaha untuk menjaga kebersihan lingkungan, sehingga bisa meninggalkan kesan positif dan mendalam bagi setiap pengunjung yang berwisata ke Benteng Otanaha.

“Pelaksanaan Festival Otanaha dijadwalkan pada 27 Mei hingga 2 Juni mendatang, dan rencananya akan dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata,” tandas Jamal. Pada kesempatan itu Wagub Idris Rahim menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Pemerintah Kota Gorontalo yang diterima langsung oleh Sekda Kota Gorontalo, Darwis Salim, berupa peralatan kebersihan yang terdiri dari tempat sampah besi dan plastik, gerobak sampah, sapu, pacul, sorokan, dan parang. (RG-25)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar