Pemkab Dorong Peningkatan Produktivitas Jagung di Gorut

RGOL.ID, Gorontalo – Sebagai salah satu lumbung jagung terbesar di provinsi Gorontalo, pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (pemkab Gorut) terus berupaya mendorong peningkatan produktivitas jagung.

Dan untuk mendorong produktivitas jagung di Gorut meningkat, pemerintah daerah tidak bisa hanya berjalan sendiri. Tentu butuh bantuan dari pihak luar, sehingga peningkatan produkvitas jagung akan benar-benar maksimal.

Nah, kaitan dengan itu, maka pemkab Gorut menggandeng NSLIC (pemerintah Kanada) dan PT. Restu Sejati Agropro salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pendampingan dan penampungan hasil pertanian, khususnya jagung.

Hal ini ditandai penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara ketiga pihak, di Hotel Maqna, Kamis (12/9) kemarin. “Ya, NSLIC (kanada) dan PT Restu Sejati Agropro ini yang nantinya akan membantu pengembangan pertanian di Gorut, khususnya jagung,” kata Indra saat diwawancarai usai penandatangan MoU.

Indra pun senang dengan hadirnya PT Restu Sejati Agropro ini. Karena dengan hadirnya perusahaan tersebut, maka petani jagung di Gorut akan dimudahkan.

“Karena selain menyiapkan bibit, termasuk teknik penanaman, juga sekaligus menampung hasilnya, ini kan memudahkan petani jagung kita,” ujarnya.

Diakui Bupati Indra Yasin, selama ini yang menjadi persoalan untuk setiap produksi jagung lebih pada penampungan hasilnya.

Dimana, penampung yang ada selama ini justru menekan harga jagung, sehingga membuat petani hanya mendapatkan hasil yang sedikit. “Mudah-mudahan dengan kerjasama ini pendapatan petani bisa meningkat, apalagi hasil produksi pertanian naik drastis.

Jika sebelumnya hanya sampai 6 ton per hektare sekali panen, tapi dengan pendampingan dari NSLIC itu meningkat produktivitas pertanian dari 6 ke 9,3 ton.

Tentu ini sangat menguntungkan dan membantu petani jagung di Gorontalo Utara. Mudah-mudahan dengan kehadiran NSLIC dan PT Restu ini akan membuat harga jagung stabil sebagaimana harga yang ada saat ini,” pungkas Bupati dua periode ini. (RG-56)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.