oleh

Pemkab Gorontalo Akan Berlakukan SIMAYA

RGOL.ID, Gorontalo – Dipastikan akhir tahun ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gorontalo akan menerapkan aplikasi Sistem Administrasi Perkantoran Maya atau SIMAYA.

Hal ini diungkapkan Kepala Diskominfo Haris Suparto Tome pada sosialisasi SIMAYA yang dihadiri Asisten II Setda, Hen Restu, Senin (7/10) di ruang rapat Kominfo. Haris menyampaikan bahwa penerapan aplikasi siMaya baru akan diberlakukan di lingkungan Setda Kabgor.

Dimana kata dia, penggunaan aplikasi siMaya nantinya diberlakukan di seluruh OPD yang ada. “Penggunaan aplikasi siMaya tersebut menjadi pelayanan yang dilaksanakan di setiap kantor menggunakan sistem digital, sehingga kebiasaan perkantoran konvensional semuanya menjadi digital sesuai dengan kemajuan zaman”, bebernya.

Sehingga awal implementasi program ini diawali dengan sosialisasi pengelolaan aplikasi oleh Dinas Kominfo. Aplikasi SiMAYA telah diterapkan di Diskominfo beberapa waktu sebelumnya, hanya saja belum dioptimalkan.

Masih kata Haris, penggunaan aplikasi ini sangat baik di jaman serba canggih. Jika selama ini urusan surat menyurat masih bergulat dengan kertas, maka selanjutnya dengan aplikasi ini semua surat menyurat dilakukan secara digital, di mana pengiriman surat ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi siMaya yang ada di komputer masing-masing Dinas.

Penerapan aplikasi siMaya itu sendiri kata dia, selain untuk menghemat penggunaan kertas juga untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaan administrasi perkantoran.

Sehingga dengan aplikasi ini, maka untuk menindaklanjuti surat masuk, pembuatan surat dan disposisi akan menjadi lebih fleksibel. Dia berharap, aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Kominfo itu nantinya bisa diterapkan dengan baik di Kabupaten Gorontalo, terangnya.

Sementara itu, Rabu (8/10) kemarin, Diskominfo menggelar sosialisasi di kantor Badan Kepegawaian Pendidikan danPelatihan Kabupaten Gorontalo yang pamaterinya disampaikan oleh Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Informartika, Zulkifli Mohi, S.Pd. (adv/*)

Komentar