oleh

Pemkab Gorut Tidak Diam Tangani Covid-19

Turunkan Tim Kesehatan ke Wilayah Perbatasan, Kesehatan ASN juga Diperiksa

RGOL.ID, GORONTALO – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Pemkab Gorut) tidak diam dengan kondisi Pandemi Corona Virus Deseases 2019 (Covid-19) yang kini sudah menyebar ke sebagian besar belahan dunia, termasuk Indonesia.

Meski Provinsi Gorontalo terbilang masih aman atau rendah dari penyebaran virus mematikan itu, Pemkab Gorut bukannya tidak waspada. Justru, Pemkab melalui Dinas Kesehatan telah menurunkan tim kesehatan di wilayah perbatasan, guna mencegah penyebaran virus yang mungkin dibawa dari luar.

Perlu diketahui juga, beberapa hari lalu, Pemkab bersama unsur Forkopimda dan unsur terkait lainnya telah membentuk tim gugus tugas penanganan penyebaran Covid-19 di wilayah Gorontalo Utara.

“Iya, sejak kemarin (Jumat 20 Maret 2020) kita sudah membentuk posko kesehatan di wilayah perbatasan. Dan hari ini, tim dari PKM Atinggola yang turun di posko tersebut,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Youke LH Lumataw saat dihubungi via pesan singkat lewat aplikasi WhatsApp.

Diakui Youke, pihaknya turun melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para pengguna jalan, termasuk penumpang bus antar provinsi yang melintas. “Kita memeriksa suhu tubuh mereka dengan menggunakan termometer infrared,” imbuhnya.

“Dalam pemeriksaan kesehatan ini, kemarin juga ikut langsung memimpin tim adalah Pak Sekda Gorut,” sambung Youke.

Sementara dalam agenda pemeriksaan kesehatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorut, Jumat kemarin, turut dideteksi juga suhu tubuh dari setiap pegawai, baik ASN maupun PTT.

Ini juga berdasarkan instruksi Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin yang telah menghimbau agar seluruh ASN terlebih para pimpinan OPD untuk diperiksakan kesehatannya, termasuk mendeteksi kemungkinan terserang Pandemi Corona Virus 2019 (Covid-19).

Tidak hanya itu, Bupati Indra Yasin juga telah menghimbau seluruh masyarakat di Gorontalo Utara untuk senantiasa mengikuti ajakan cuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas, termasuk menjaga pola hidup bersih dan sehat dengan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

“Saya juga sudah perintahkan pihak Rumah Sakit ZUS untuk menyiapkan ruang isolasi sementara bagi pasien yang mungkin terpapar Covid-19 serta mobil khusus pengangkut pasien Covid-19 yang siap dirujuk ke Rumah Sakit Aloei Saboe,” tegas Indra Yasin. (ind-56)


Komentar