oleh

Pemkot Gorontalo ‘Liburkan’ Sekolah, ASN Bekerja dari Rumah

RGOL.ID, GORONTALO – Pemerintah Kota Gorontalo meliburkan sekolah dan menghimbau untuk Guru dan Murid sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah di Kota Gorontalo melakukan sistim belajar di rumah.

Demikian juga Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot diminta untuk bekerja dari rumah (work from home).

Kebijakan ini berlaku dalam 14 hari kedepan, mulai Senin (23/03/2020) hari ini hingga 5 April 2020 mendatang. Kebijakan ini diatur dalam instruksi Walikota Gorontalo Nomor : 100/PEM/67/2020, yang disepakati lewat Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Gorontalo, Senin (23/03/2020), siang tadi.

Selain meliburkan sekolah dan mewajibkan ASN kerja dari rumah, dalam instruksi tersebut, ada 7 poin himbauan terkait pencegahan covid-19 bagi masyarakat Kota Gorontalo. 1) sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir; 2) menggunakan masker apabila dalam kondisi batuk dan pilek; 3) konsumsi gizi seimbang dan perbanyak makan sayuran dan buah; 4) rajin olahraga dan istirahat yang cukup; 5) jangan mengkonsumsi daging mentah; 6) giatkan perilaku hidup sehat dan bersih, baik dalam rumah maupun di luar rumah; 7) apabila dalam kondisi demam, batuk pilek, sakit tenggorokan dan atau sesak nafas segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan (Puskesmas) terdekat.

Kebijakan ini diambil guna mempertimbangkan suasana psikologis para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota, masyarakat serta para orang tua siswa.

“Masyarakat Kota Gorontalo tidak melakukan segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak (social Distancing). Tetap tenang jangan panik, mengikuti petunjuk yang dianjurkan oleh Pemerintah Kota Gorontalo serta tidak melakukan perjalanan ke luar daerah atau negara yang terjangkit Covid-l9,” imbau Walikota Gorontalo Marten Taha dalam instruksinya.

“Warga Kota Gorontalo yang baru kembali dari luar daerah maupun luar negeri dan warga pendatang yang masuk ke wilayah Kota Gorontalo diwajibkan untuk melapor di fasilitas kesehatan (PUSKESMAS) terdekat untuk menjalani protokol kesehatan penanganan pencegahan Covid-
19,” jelas Marten.

“Kebijakan ini akan diawasi oleh Satuan Polisi Pamong Praja yang disupport oleh aparat Kepolisian, Tentara Nasional Indonesia. Mereka akan menindaki sesuai ketentuan perundang-undangan. Termasuk, jika masih ada perkumpulan atau kerumunan orang dan anak-anak yang
berkeliaran di tempat-tempat umum,” pungkasnya.

Untuk informasi terkait dengan Covid 19 di Wilayah Kota Gorontalo dapat menghubungi Call Center 08114310 1000 atau Tim GEGAS (GUGUS TUGAS) Pemerintah Kota Gorontalo di Nomor HP. 08124459 121- 085256653300.(lev).

Komentar